Absen bagikan dividen, Bima Sakti Pertiwi (PAMG) perkuat modal kerja

Absen bagikan dividen, Bima Sakti Pertiwi (PAMG) perkuat modal kerja

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Handoyo .

– JAKARTA. Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Bima Sakti Pertiwi Tbk (PAMG) yang digelar pada Rabu (19/8) memutuskan untuk tidak membagi dividen tahun buku 2019 kepada pemegang saham. Sebagi gantinya, emiten pengelola Mal Pekanbaru ini akan menggunakan laba bersih  tahun buku untuk keperluan perseroan.

Mengutip keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia, Senin (24/8), sebanyak Rp 1 miliar dari laba bersih akan digunakan untuk dana cadangan, sementara sisanya yakni Rp 4,56 miliar akan digunakan PAMG sebagai laba ditahan, untuk menambah modal kerja perusahaan.

Sebagai gambaran, pada akhir 2019 PAMG membukukan laba bersih tahun berjalan senilai Rp 5,56 miliar. Realisasi ini merosot 98,2% dibandingkan dengan realisasi laba bersih tahun berjalan PAMG pada tahun sebelumnya yang mencapai Rp 318,58 miliar.

Adapun pada semester I-2020, emiten yang melantai di BEI pada 5 Juli 2019 silam ini membukukan laba bersih senilai Rp 4,9 miliar, berbanding terbalik dari torehan di periode yang sama tahun sebelumnya dimana PAMG masih merugi hingga Rp 5,63 miliar.

Baca Juga: Pekanbaru terapkan PSBB, kinerja Bima Sakti Pertiwi (PAMG) tertekan

Namun, PAMG mencatatkan penurunan topline. Pendapatan PAMG pada enam bulan pertama 2020 sebesar Rp 26,81 miliar, turun 26,6% secara tahunan.

PAMG merupakan emiten pengelola mal terbesar di Provinsi Riau, yakni Mal Pekanbaru. Mengutip materi paparan public di laman  BEI, jumlah pengunjung Mall Pekanbaru meningkat setiap tahun. 

Di tahun 2017, jumlah pengunjung mal sebanyak 9,02 juta dan di 2018 naik menjadi 9,04 juta pengunjung. Jumlah ini naik di tahun 2019, dimana jumlah pengunjung mal yang dikelola PAMG mencapai 9,35 juta pengunjung.

Di tengah pandemi saat ini, PAMG mengurangi jam operasional mal yang sebelumnya dari pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB menjadi pukul 11.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB saja. Sementara  untuk tenant-tenant yang membuka usaha, PAMG  juga memberikan relaksasi untuk pembayaran sewa dan biaya perawatan. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

  • INDEKS BERITA

Tag
  • dividen
  • Bima Sakti Pertiwi
  • emiten