Alhamdulillah, tunjangan negara bagi tenaga medis pelawan corona segera dicairkan

Alhamdulillah, tunjangan negara bagi tenaga medis pelawan corona segera dicairkan

Reporter: Rahma Anjaeni | Editor: Syamsul Azhar

– Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk memberikan insentif kepada tenaga medis yang saat ini tengah berjuang di garis terdepan dalam memerangi virus corona Covid-19.

Pemberian insentif kepada tenaga medis ini dilakukan melalui refocusing Dana Alokasi Khusus (DAK) nonfisik ke anggaran Bantuan Operasional Kesehatan (BOK).

Seperti kita tahu, Kementerian Keuangan (Kemkeu) telah menaikkan anggaran BOK tersebut dari sebelumnya Rp 11,67 triliun menjadi Rp 15,29 triliun.

Tambahan anggaran inilah yang akan dipergunakan untuk menambah tunjangan bagi tenaga medis yang berjuang membantu penyembuhan pasien yang positif terinveksi virus corana Covid-19.

“Dengan adanya BOK tambahan, Kemkeu telah menyiapkan anggaran sebanyak Rp 3,7 triliun untuk 99.660 tenaga kesehatan,” seperti dikutip dari pernyataan tertulis Kemkeu, Senin (20/4).

Adapun mekanisme pengalokasian dana BOK tambahan untuk tunjangan tenaga medis ini, berdasarkan usulan dari Kementerian Kesehatan dengan menggunakan basis data berupa jumlah tenaga kesehatan atau tenaga medis di tiap daerah sesuai dengan spesialisasinya.

Target tenaga kesehatan atau tenaga medis yang disasar, adalah mereka yang berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) milik pemerintah mapun swasta, puskesmas, Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda), serta personel dinas kesehatan yang melakukan penanganan virus corona Covid-19.

Menurut keterangan Kemkeu, saat ini mekanisme pemberian insentif bagi tenaga medis telah ditetapkan dan siap dijalankan. Artinya sudah mulai dilakukan pengusulan hingga pencairan.

Nantinya, pemda daerah akan melaporkan realisasi dana BOK tambahan untuk tunjangan tenaga medis tersebut sebagai bentuk akuntabilitas dan tata kelola anggaran negara.
 

DONASI
Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.

  • INDEKS BERITA