Alistair Darling, Menteri Krisis Keuangan Inggris, Meninggal Dunia pada Usia 70 Tahun

Mantan Kanselir Exchequer Alistair Darling

(SeaPRwire) –   Mantan Kanselir Exchequer Alistair Darling, yang mengawasi ekonomi Britania Raya selama krisis keuangan global 2008, meninggal dunia pada usia 70 tahun.

“Darling, suami yang sangat dicintai oleh Margaret dan ayah yang dikasihi oleh Calum dan Anna, meninggal di Edinburgh pagi ini setelah menjalani perawatan sementara di Rumah Sakit Umum Barat di bawah perawatan luar biasa tim kanker,” kata juru bicaranya.

Darling bertugas di bawah mantan Perdana Menteri Buruh Gordon Brown dari 2007 hingga 2010. Kesabarannya dan sifat tenangnya berbeda dengan perubahan mood yang cepat Brown selama salah satu periode ketidakstabilan ekonomi terburuk dalam 30 tahun terakhir.

Ketika krisis hipotek subprime AS merebak ke Inggris Raya, menyebabkan krisis likuiditas di industri perbankan dan memicu penarikan dana dari bank Inggris Utara, Darling mengizinkan Bank of England untuk menyelamatkannya.

Jabatannya di Kementerian Keuangan berakhir ketika Buruh kalah dalam pemilihan umum 2010. Darling kemudian memimpin kampanye Better Together, sebuah kelompok lintas-partai yang berhasil mempromosikan agar Skotlandia tetap menjadi bagian dari Inggris Raya dalam referendum kemerdekaan 2014. Darling menjadi anggota Dewan Tinggi Parlemen pada 2015.

“Alistair hidup dalam pengabdian terhadap pelayanan publik,” kata pemimpin Partai Buruh saat ini Keir Starmer dalam sebuah pernyataan. “Ia akan diingat sebagai kanselir yang keahlian dan kejujurannya membantu memandu Britania Raya melalui tumult global krisis keuangan. Ia adalah pendukung seumur hidup untuk Skotlandia dan rakyat Skotlandia dan kebanggaan profesional terbesarnya berasal dari mewakili konstituen di Edinburgh.”

Setelah menjadi anggota Parlemen pada 1987, Darling naik dengan cepat melalui jajaran Buruh dan menjadi sekutu kunci Tony Blair dan Brown ketika mereka berusaha memodernisasi partai dan mengubahnya menjadi New Labour, yang kemudian memenangkan kemenangan telak pada 1997.

“Saya merasa sangat beruntung telah mendapat manfaat dari nasihat dan persahabatan Alistair,” tambah Starmer. “Ia selalu siap memberikan saran yang dibangun berdasarkan dekade pengalamannya – selalu dengan humor khasnya yang kering, baik.”

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.