Amazon’s Zoox akan Membangun Fasilitas Skala Besar di East Bay

Amazon Stock

Dediaksi Amazon (NASDAQ: AMZN) untuk memperkuat kehadirannya di industri kendaraan otonom melalui anak perusahaannya, Zoox, sangat jelas terlihat dalam pengumuman terbaru rencana untuk membangun fasilitas manufaktur skala besar untuk kendaraan otonom. Fasilitas baru ini akan berlokasi di Hayward Exchange @ 92, 25810 Clawiter Rd., yang akan menjadi langkah penting untuk memperluas operasi Zoox di wilayah East Bay.

Inisiatif strategis ini sejalan dengan upaya berkelanjutan Amazon untuk meningkatkan operasi Zoox. Selain rencana perluasan East Bay, perusahaan juga baru-baru ini mendapat persetujuan dari Nevada Department of Motor Vehicles untuk melakukan pengujian kendaraan otonomnya di jalan-jalan Nevada. Selain itu, Zoox bermaksud untuk meningkatkan ruang gudangnya melalui investasi di fasilitas Las Vegas, mempercepat upaya pengujiannya.

Memanfaatkan Peluang Pertumbuhan

Amazon bertujuan untuk memanfaatkan peluang pertumbuhan yang sangat besar dalam sektor pengemudi otonom yang sedang berkembang. Menurut laporan Precedence Research, pasar kendaraan otonom global diperkirakan akan mencapai $2,35 triliun pada tahun 2032, dengan tingkat pertumbuhan tahunan terkomposisi (CAGR) sebesar 35% antara tahun 2023 dan 2032. Studi lain oleh Fortune Business Insights memperkirakan pasar mobil otonom di seluruh dunia akan mencapai $19,96 miliar pada tahun 2029, dengan perkiraan CAGR 42,9% antara tahun 2022 dan 2029. Selain itu, laporan dari Mordor Intelligence menunjukkan bahwa pasar diperkirakan akan mencapai $33,5 miliar pada tahun 2023, dengan proyeksi mencapai $93,3 miliar pada tahun 2028, didorong oleh CAGR 22,7% antara tahun 2023 dan 2028.

Lanskap Kompetitif

Menyadari prospek yang optimis ini, Amazon menghadapi persaingan dari raksasa teknologi seperti Alphabet (NASDAQ: GOOGL) dan Baidu (NASDAQ: BIDU), yang semuanya bersaing untuk memanfaatkan potensi pertumbuhan sektor pengemudi otonom.

Waymo Alphabet terus memperluas operasi armadanya di seluruh Amerika Serikat, baru-baru ini membentuk kemitraan multi-tahun dengan Uber Technologies (NYSE: UBER) untuk memperkenalkan pengalaman mengemudi otonom bagi pelanggan Uber di Phoenix, AZ. Kemitraan ini memposisikan Uber untuk mengintegrasikan teknologi mengemudi otonom Waymo ke dalam operasinya, sementara Waymo memperluas jangkauannya ke destinasi baru, termasuk Bandara Internasional Phoenix Sky Harbor. Waymo juga telah memulai pengujian kendaraan self-driving-nya di Bellevue, WA, dan mengamankan suara kontroversial dari California Public Utilities Commission untuk menjalankan layanan robotaxi 24 jam di San Francisco.

Sementara itu, layanan Apollo Go Robotaxi Baidu sedang memperoleh momentum di seluruh Cina, dengan ketersediaan yang meningkat di berbagai kota dan pertumbuhan penumpang. Apollo Go sekarang dapat diakses di sepuluh kota, termasuk Beijing, Shanghai, Guangzhou, Shenzhen, Chongqing, Changsha, Cangzhou, Yangquan, Wuzhen Water Town, dan Wuhan.