Angsa Putih M, varian baru pembom supersonik Rusia pembawa rudal nuklir

Angsa Putih M, varian baru pembom supersonik Rusia pembawa rudal nuklir

Sumber: TASS | Editor: S.S. Kurniawan

– MOSKOW. Sebuah pembom supersonik pembawa rudal strategis Tu-160M Rusia sukses melakukan penerbangan debut dengan mesin baru, United Aircraft Corporation (UAC) mengumumkan pada Selasa (3/11).

“Di lapangan terbang pabrik pesawat Kazan, anak perusahaan Tupolev Company (bagian dari UAC), pembom pembawa rudal strategis Tu-160M ​dengan mesin NK-32-02 yang diproduksi secara serial melakukan penerbangan perdana,” kata UAC.

“Pesawat itu diujicobakan oleh awak di bawah pengawasan Anri Naskidyants. Penerbangan tersebut berlangsung di ketinggian 6.000 meter dan selama 2 jam 20 menit,” sebut UAC seperti dikutip TASS.

Selama penerbangan, semua sistem pesawat dan avionik Tu-160M yang diperbarui, yang dipasang selama peningkatan kemampuannya, diperiksa. Dan, pengoperasian mesin baru NK-32-02 dievaluasi.

Baca Juga: Yars, rudal balistik nuklir Rusia yang mampu tembus sistem pertahanan apa pun

“Menurut data awak, penerbangan berlangsung dalam mode normal dan semua sistem serta peralatan beroperasi tanpa hambatan,” ungkap UAC.

Rusia mengumumkan pada 2015 untuk memulai kembali produksi pembom strategis Tu-160 dalam versi Tu-160M ​​yang ditingkatkan di Kazan Aircraft Enterprise.

Bawa rudal berhulu ledak nuklir

Sesuai namanya, pembom supersonik, kecepatan maksimun Tu-160 mencapai mach 2,05 atau 2.220 kilometer per jam, dan mampu terbang dengan ketinggian maksimal 15.000 meter atawa 49.200 kaki.

Daya Jelajah Tu-160, yang berjulukan Angsa Putih, mencapai 12.300 kilometer tanpa pengisian bahan bakar dalam penerbangan. Pakta Pertahanan Atrlantik Utara (NATO) memberi julukan Blackjack.

Baca Juga: Putin: Rusia siap menahan diri untuk tidak menyebarkan rudal 9M729 di wilayah Eropa

Selanjutnya


  • INDEKS BERITA

Tag
  • Rusia
  • rudal hipersonik
  • rudal nuklir
  • Rudal Jelajah
  • Bomber
  • pesawat bomber