BI optimistis kalau pertumbuhan ekonomi kuartal IV-2020 akan mulai positif

BI optimistis kalau pertumbuhan ekonomi kuartal IV-2020 akan mulai positif

Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

–  JAKARTA. Bank Indonesia (BI) tetap optimistis kalau pertumbuhan ekonomi di kuartal IV-2020 akan mulai positif dan nantinya akan terus meningkat di tahun 2021. 

“Pemantauan kami, perbaikan ini disebabkan oleh meningkatnya realisasi stimulus dan membaiknya mobilitas masyarakat yang menopang perbaikan permintaan domestik secara bertahap baik konsumsi maupun investasi,” ujar Gubernur BI Perry Warjiyo, Kamis (19/11).

Selain itu, prospek perbaikan perekonomian juga terlihat dari kinerja ekspor yang juga membaik, didorong oleh permintaan global, terutama dari AS dan China. 

Perbaikan perekonomian juga tercermin dari perkembangan positif sejumlah indikator pada Oktober 2020, seperti mobilitas masyarakat, penjualan eceran non makanan dan online, PMI manufaktur, serta pendapatan masyarakat. 

Baca Juga: Penerimaan pajak tahun ini kemungkinan tidak mencapai target

Ke depan, Perry juga optimistis kalau perekonomian di 2021 akan meningkat, didorong oleh membaiknya perekonomian global serta akselerasi realisasi anggaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah, kemajuan dalam program restrukturisasi kredit, dan berlanjutnya stimulus moneter dan makroprudensial. 

Perry bilang, BI akan berkomitmen untuk hadir lewat bauran kebijakannya dan akan terus memperkuat sinergi dengan pemerintah dan otoritas terkait agar berbagai kebijakan yang ditempuh semakin efektif mendorong pemulihan ekonomi. 

Selanjutnya: Sri Mulyani sebut ada risiko shortfall penerimaan pajak, apa kata pengamat?

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

  • INDEKS BERITA

Tag
  • Pertumbuhan Ekonomi
  • pertumbuhan ekonomi daerah
  • Pertumbuhan Ekonomi Indonesia
  • Bank Indonesia