BPS sebut tiga adaptasi yang bisa diterapkan dunia usaha selama pandemi Covid-19

BPS sebut tiga adaptasi yang bisa diterapkan dunia usaha selama pandemi Covid-19

Reporter: Venny Suryanto | Editor: Noverius Laoli

–  JAKARTA. Dampak pandemi Covid-19 telah berimbas pada seluruh sektor usaha di tanah air terutama pariwisata dan transportasi.

Namun, meski demikian Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat masih ada beberapa sektor usaha yang masih beroperasi dan justru mengalami peningkatan.

Adapun, sektor-sektor tersebut juga tentunya dapat membantu pertumbuhan dan mendorong ekonomi Indonesia.

Kepala BPS, Suhariyanto menjelaskan ada beberapa langkah dan adaptasi dunia usaha yang perlu dilakukan di tengah pandemi. Langkah ini dapat dilakukan juga untuk mengurangi tingkat penyebaran Covid-19 dan dapat meningkatkan ekonomi.

Baca Juga: BPS mencatat 45% pelaku usaha masih bisa bertahan ditengah pandemi Covid-19

Pertama, pengurangan jam kerja, Suhariyanto bilang pelaku usaha yang mengurangi jam kerja harus mempertahankan tenaga kerjanya meskipun aktivitas perusahaan sangat terdampak oleh pandemi.

“PHK adalah keputusan terakhir. Sehingga tetap mempertahankan tenaga kerja,” kata Suhariyanto dalam konferensi daring, Minggu (20/9).

Kedua yakni melakukan diversifikasi usaha dalam bentuk penambahan produk termasuk penambahan lokasi usaha selama pandemi.

Ketiga yakni pemasaran secara online selama PSBB dengan melalui pengunaan media online. “Sehingga training marketing secara online bagi UMKM harus betul-betul ditingkatkan,” tutupnya.

 

Selanjutnya: Dana kelolaan deposito tumbuh tipis, ini penyebabnya menurut bankir

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

  • INDEKS BERITA

Tag
  • BPS