Cara Menggunakan dan Merawat Penghangat Udara Anda

(SeaPRwire) –   Bagi kita yang kulitnya di musim dingin menjadi kering seperti kulit kadal, penghangat ruangan mungkin terdengar penting. Namun penghangat ruangan lebih rumit untuk digunakan dan dirawat daripada beberapa peralatan rumah tangga lainnya – dan menggunakannya dengan salah dapat lebih buruk bagi kesehatan daripada tidak memilikinya sama sekali.

Berikut ini yang perlu Anda ketahui sebelum memulai.

Manfaat udara lembab

Penghangat ruangan bekerja paling baik pada bagian tubuh yang digunakan untuk bernapas. Ketika udara menjadi lebih dingin, kelembaban di lingkungan akan berkurang. Setiap tarikan napas udara kering akan menghisap kelembaban dari saluran pernapasan, yang dapat meninggalkan hidung dan tenggorokan kering dan lebih rentan terhadap iritasi. Kelesanan dapat menyebabkan masalah seperti mimisan, batuk yang berkepanjangan, dan ketidaknyamanan, seperti asma dan COPD.

“Memiliki penghangat ruangan, terutama jika Anda memiliki asma, dapat mengurangi gejala dan membuat Anda merasa lebih nyaman,” kata Dr. Kyle Enfield, ahli paru-paru dan profesor madya di Sekolah Kedokteran Universitas Virginia. “Ketika Anda sakit, mereka dapat membuat Anda merasa kurang tersumbat.” Kelembaban lingkungan tambahan dari penghangat ruangan juga dapat membantu mengurangi alergi dan meningkatkan pernapasan Anda dengan memungkinkan pernapasan yang lebih mudah.

Beberapa penghangat ruangan dirancang untuk merespons tingkat kelembaban di udara, tetapi yang lain mungkin terus mengeluarkan kabut hingga dimatikan. Jenis mana yang Anda gunakan akan memberi tahu berapa lama Anda harus menyalakannya, meskipun tingkat kelembaban cenderung mudah dirasakan (dan dapat diukur dengan monitor kelembaban). “Orang akan merasa paling nyaman dengan kelembaban di rumah mereka sekitar 30-50%,” kata Enfield. “Anda akan merasa lebih berat dari itu, dan akan mulai terasa sesak dan tidak nyaman. Anda mendapatkan jauh lebih rendah dari itu, dan Anda akan mulai merasa mata kering dan hidung kering.”

Jenis penghangat ruangan yang terbaik?

Jika Anda mencari mesin untuk satu ruangan atau apartemen kecil, tersedia dua jenis: ultrasonik dan evaporatif. Penghangat ruangan ultrasonik lebih umum dan beroperasi melalui unsur internal yang bergetar pada frekuensi tinggi, menghasilkan kabut air tetesan yang didorong oleh kipas kecil ke udara. Jika pernah melihat penghangat ruangan dengan awan padat, kabut keluar dari itu, kemungkinan besar itu adalah ultrasonik.

Penghangat ruangan evaporatif menggunakan filter busa yang setengah tenggelam di air. Kipas di dalam mesin mendorong udara melalui filter dan keluar bagian atas, menciptakan kabut dingin yang membawa air teruap ke udara.

Masing-masing jenis memiliki kekuatan dan kelemahan, baik dalam hal kesehatan maupun dalam hal suara, kontrol kelembaban, kenyamanan perawatan, dan biaya. Penghangat ruangan evaporatif, misalnya, kurang mungkin membuat udara Anda terasa lembab dan mungkin lebih aman bagi pengguna air keran, sementara penghangat ruangan ultrasonik sering lebih tenang dan membutuhkan biaya penggantian filter yang lebih rendah. Ahli mengatakan tidak ada jawaban yang benar – lebih penting bahwa Anda merawat dengan benar apa pun yang Anda beli dengan mengganti filter dan membersihkannya seperti yang direkomendasikan oleh produsen.

Jenis air apa yang harus Anda gunakan dalam penghangat ruangan?

Setelah memilih penghangat ruangan, Anda harus memilih isinya. “Pilihan terbaik selalu air suling,” kata Andrea Dietrich, profesor teknik sipil dan lingkungan di Virginia Tech. Banyak produsen juga merekomendasikan menggunakan air suling, yang satu-satunya cara untuk memastikan bahwa kabut yang dipompa keluar hanya mengandung molekul H2O. Bagi sebagian besar orang, tetapi terus menggunakan air suling cukup tidak praktis: membutuhkan waktu lama untuk membuat di kompor, dan menimbun cukup air suling untuk rutin mengisi penghangat ruangan dapat menjadi mahal, berat, dan boros.

Lalu apa yang salah dengan menggunakan air keran? Air keran dan air minum botol penuh dengan mineral seperti seng, kalsium, dan magnesium, dan dalam penghangat ruangan manapun yang tidak mendidihkan air (fitur yang terutama termasuk dalam unit industri), mereka digoyang atau ditiup langsung ke udara bersama molekul air. Logam dan mineral lainnya bagus untuk Anda dalam air minum, karena membantu tubuh tetap terhidrasi, “tapi ada perbedaan toksikologi antara penelanan dan penghirupan,” kata Dietrich. “Partikel-partikel itu, terutama dari penghangat ruangan ultrasonik, sangat kecil.” Pada ukuran itu, mereka mampu bepergian jauh di dalam sistem pernapasan ketika dihirup, dan dapat terperangkap dalam paru-paru di mana terjadi pertukaran oksigen dan karbon dioksida. Meskipun beberapa logam dapat lebih merusak daripada yang lain dalam konteks ini – ada, misalnya, bukti bahwa menghirup mangan dapat merusak otak – ukuran partikelnya paling penting. Jika akumulasi menjadi padat, itu dapat mengganggu pertukaran gas di paru-paru dan membuat pernapasan menjadi lebih sulit.

Jenis cedera paru-paru serius akibat menggunakan penghangat ruangan dengan air keran ini sangat jarang terdokumentasi dan terutama terdokumentasi pada anak-anak, paru-paru kecil mereka dapat terlalu terbebani lebih cepat, kata Dietrich, tetapi ilmuwan masih tidak yakin jika tingkat akumulasi mineral yang lebih rendah juga memiliki risiko bagi orang dewasa sehat. Sejumlah akumulasi “mungkin perlahan larut dalam waktu, tetapi paru-paru Anda sebenarnya tidak dirancang untuk melarutkan sesuatu,” tambahnya.

Menyarankan bahwa penghangat ruangan evaporatif dapat melepaskan lebih sedikit mineral dari air keran ke udara daripada penghangat ruangan ultrasonik. Dietrich juga merekomendasikan melihat sumber air lokal Anda dan mencari jumlah total zat terlarut, pengukuran yang diwajibkan Badan Lingkungan Hidup AS yang mengukur keseluruhan kandungan mineral air keran Anda. Tidak ada batas angka tertentu yang dia rekomendasikan untuk keamanan, tetapi mengetahui apakah air Anda berada di ujung atas atau bawah dapat membantu memutuskan keputusan Anda. Dan jangan repot-repot dengan Brita untuk air penghangat ruangan Anda, tambah Dietrich. “Mereka akan menghilangkan mineral besar seperti kalsium, magnesium, timbal dan tembaga, jika Anda memilikinya, tetapi mereka memasukkan natrium potasium, jadi Anda masih memiliki banyak zat terlarut total. Semuanya hanya menukar mineral.”

Intinya? Meskipun air keran dalam penghangat ruangan mungkin tidak akan menyakiti Anda, gunakan hanya air suling di kamar anak-anak, kata Dietrich.

Cara membersihkan penghangat ruangan

Di dalam penghangat ruangan yang diabaikan – lembab, gelap, dan hangat – adalah lingkungan sempurna untuk pertumbuhan jamur dan bakteri. Bakteri ini dapat ditiup kembali dari mesin bersama air, menciptakan awan penuh mikroorganisme dan menuju ke hidung Anda. Natalie Hull, profesor klinis asisten di teknik sipil Universitas Boise State, yang telah mempelajari keluaran penghangat ruangan, mengatakan bahwa awan-awan ini dapat mengandung “jamur, spora, atau endotoksin – bagian bakteri yang mungkin akan mengganggu sistem pernapasan meskipun mereka tidak bersel hidup utuh.” Itu tidak seburuk terdengar; kebanyakan sistem kekebalan tubuh terbiasa berinteraksi dengan mikroba seperti ini secara rutin. Tetapi Komisi Keselamatan Produk Konsumen AS memperingatkan bahwa organisme ini dapat menimbulkan ancaman lebih serius bagi orang dengan alergi atau asma.

Pertumbuhan mikroorganisme mudah dicegah dengan membersihkan penghangat ruangan Anda secara menyeluruh dan teratur di mana air menyentuhnya. Ahli merekomendasikan membersihkannya setiap 2-3 hari saat digunakan, serta sebelum menyimpannya jika Anda mengambil istirahat dari penggunaannya. Setiap desinfektan sederhana akan bekerja, begitu pula larutan cuka, tetapi sebelum mengeringkan penghangat ruangan Anda, pastikan “mencuci dengan air keran secara berlimpah” kata Dietrich. Seperti pertumbuhan jamur dan bakteri, setiap bahan pembersih yang tersisa akan ditiup kembali ke udara, di mana dapat mengganggu saluran pernapasan Anda. Perhatikan bagian berkerak, bagian berkerak, atau area lengket dari mesin – tekstur semua ini menunjukkan pertumbuhan mikroorganisme yang mungkin mengganggu saluran pernapasan.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.