Chatib Basri: Dana perjalanan dinas Rp 43 triliun bisa dipotong buat tangani corona

Chatib Basri: Dana perjalanan dinas Rp 43 triliun bisa dipotong buat tangani corona

Reporter: Rahma Anjaeni | Editor: Syamsul Azhar

– Penanganan dampak virus corona Covid-19 di dalam negeri membutuhkan biaya yang ekstra jumbo.

Karena itu pemerintah perlu all out mengalokasikan dana dari APBN maupun APBD tahun ini agar wabah virus corona Covid-19 segera berakhir.

Baca Juga: Chatib Basri sarankan agar pemerintah pertajam pemotongan anggaran untuk corona

Pemerintah juga harus rela untuk lebih dalam pemangkasan anggaran, baik anggaran perjalanan dinas maupun belanja infrastruktur untuk dialihkan guna menangani virus corona Covid-19.

Ekonom Senior sekaligus mantan Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan, anggaran perjalanan dinas tahun 2020 yang dialokasikan sebesar Rp 43 triliun, bisa dipotong lagi lebih dari 25% dan dialokasikan untuk penanganan bencana non alam wabah virus corona Covid-19 .

Baca Juga: Hore, Pindad sudah bisa bikin ventilator buat pasien corona, kerjasama dengan UI

Pasalnya, dengan adanya pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dalam rangka menecagah penyebaran virus corona Covid-19 yang dilaukan oleh beberapa daerah seperti saat ini sudah pasti perjalanan dinas tidak bisa dilakukan.

Selain anggaran perjalanan dinas, pemerintah bisa memangkas anggaran belanja modal fisik seperti infrastruktur dan menunda pelaksanaanya.

SELANJUTNYA>>>

Selanjutnya

DONASI
Dukungan dari Anda akan menambah semangat kami dalam menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat seperti ini.

Jika berkenan, silakan manfaatkan fasilitas donasi berikut ini.

  • INDEKS BERITA