DF-17, rudal hipersonik China yang bisa mengelak dan bunuh kapal induk

DF-17, rudal hipersonik China yang bisa mengelak dan bunuh kapal induk

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

– Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) telah mengerahkan rudal hipersonik DF-17 ke pantai Tenggara dekat Taiwan, South China Morning Post melaporkan pada Minggu (18/10). 

Mengutip sumber anonim, South China Morning Post menyebutkan, PLA mengerahkan rudal hipersonik DF-17 secara bertahap yang akan menggantikan rudal DF-11 dan DF-15, yang memiliki jangkauan lebih pendek.

Media Taiwan Liberty Times menyebutkan, rudal DF-17 bisa memungkinkan PLA untuk secara langsung menyerang pangkalan Angkatan Udara Taiwan di Taitung dan Hualien di Timur pulau itu. 

Menurut Liberty Times, PLA juga mengerahkan jet tempur siluman J-20 dan unit Korps Marinir ke wilayah pesisir dalam persiapan kemungkinan operasi reunifikasi China.

Baca Juga: Bersiap perang dengan Taiwan, China kerahkan rudal hipersonik tercanggih DF-17

Dong Feng-17 alias DF-17 adalah rudal hipersonik jarak pendek hingga menengah yang baru China kembangkan dan pamerkan untuk pertama kalinya di parade militer Hari Nasional pada 1 Oktober 2019 lalu di Beijing. 

Menenggelamkan kapal induk

Berkat kemampuannya mengubah lintasan di tengah penerbangan dengan kecepatan yang sangat tinggi, musuh memiliki peluang minimal untuk mencegatnya, Yang Chengjun, ahli rudal, mengatakan kepada Global Times.

Alhasil, Yang mengklaim, sistem pertahanan udara AS termasuk rudal THAAD, SM-3, dan Patriot yang dikerahkan di Korea Selatan, Jepang, Taiwan dan kapal perang tidak akan berfungsi melawan DF-17.

PLA juga mengoperasikan rudal balistik anti-kapal DF-21D dan DF-26 yang mampu menenggelamkan kapal induk. Media Taiwan mengatakan, DF-17 juga dapat memenuhi tujuan ini.

Baca Juga: Bisa melesat 9.600 km per jam, AS konfirmasi rudal hipersonik pertamanya

Selanjutnya


  • INDEKS BERITA

Tag
  • rudal hipersonik
  • China
  • Taiwan
  • Amerika Serikat