Dragon, salah satu kapal perang tercanggih di dunia dengan rudal yang menakutkan

Dragon, salah satu kapal perang tercanggih di dunia dengan rudal yang menakutkan

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

– Armada Laut Hitam Rusia sedang melacak kapal perusak HMS Dragon milik Angkatan Laut Inggris yang memasuki Laut Hitam, Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada Senin (5/10).

“Pasukan dan kemampuan Armada Laut Hitam mulai melacak kapal perusak Naga Angkatan Laut Inggris yang memasuki Laut Hitam pada 4 Oktober 2020,” kata Pusat Kontrol Pertahanan Nasional seperti dilansir kantor berita TASS.

HMS Dragon adalah kapal perusak Tipe 45 yang Inggris rancang untuk beroperasi sebagai bagian dari kelompok serbaguna kapal induk. Kapal perusak tersebut merupakan salah satu kapal perang tercanggih di dunia.

Langsung bisa dikenali oleh gambar Welsh Dragon di bagian haluan, HMS Dragon adalah salah satu dari enam kapal perusak Tipe 45 Angkatan Laut Kerajaan Inggris. Welsh Dragon adalah simbol heraldik yang muncul di bendera nasional Wales.

Baca Juga: Masuk Laut Hitam, Rusia lacak kapal perusak canggih Inggris

Sea Viper yang menakutkan

Melansir situs Departemen Pertahanan Inggris, peran utama HMS Dragon adalah pertahanan udara: memberikan perlindungan kepada sesama kapalnya dengan mendeteksi, menginterogasi, dan menetralkan ancaman musuh dengan sistem rudal anti-udara Sea Viper yang menakutkan.

Sea Viper atawa Aster terdiri dari Aster 15 untuk jarak pendek hingga menengah dan Aster 30 untuk jarak pendek hingga jarak jauh. Ada kesamaan antara kedua varian dengan masing-masing rudal menampilkan terminal dart yang sama. 

Selanjutnya


  • INDEKS BERITA

Tag
  • Kapal Perang
  • kapal destroyer
  • Inggris
  • Rusia