File rahasia bocor: HSBC izinkan transfer dana jutaan dollar terkait penipuan

File rahasia bocor: HSBC izinkan transfer dana jutaan dollar terkait penipuan

Sumber: BBC | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

– NEW YORK. Sebuah file rahasia yang bocor mengungkapkan, HSBC mengizinkan pelaku penipuan untuk mentransfer dana senilai jutaan dollar ke seluruh dunia bahkan setelah mengetahui aksi penipuan mereka.

Mengutip BBC, bank terbesar di Inggris itu memindahkan uang melalui bisnisnya di AS ke rekening HSBC di Hong Kong pada 2013 dan 2014.

Perannya dalam penipuan senilai US$ 80 juta (£ 62 juta) dirinci dalam kebocoran dokumen – “laporan aktivitas mencurigakan” bank – yang disebut File FinCEN.

HSBC mengatakan pihaknya selalu memenuhi kewajiban hukumnya untuk melaporkan aktivitas tersebut.

Baca Juga: Amerika menolak pembebasan lebih awal Madoff yang sekarat

File-file tersebut menunjukkan penipuan investasi, yang dikenal sebagai skema Ponzi, dimulai segera setelah bank tersebut didenda US$ 1,9 miliar (£ 1,4 miliar) di AS karena pencucian uang. Sebelumnya HSBC telah berjanji untuk menekan praktik-praktik semacam ini.

Mengutip BBC, pengacara untuk investor yang tertipu mengatakan, bank seharusnya bertindak lebih cepat untuk menutup rekening para penipu.

Bocoran dokumen tersebut mencakup serangkaian pengungkapan lainnya – seperti saran salah satu bank terbesar di AS mungkin telah membantu mafia terkenal untuk memindahkan lebih dari US$ 1 miliar.

Baca Juga: Kerugian akibat kejahatan cryptocurrency pada 2019 melonjak jadi US$ 4,52 miliar

Apa itu File FinCEN?

File FinCEN adalah kebocoran dari 2.657 dokumen, di dalamnya terdapat 2.100 laporan aktivitas mencurigakan, atau SAR.

SAR bukanlah bukti kesalahan – bank mengirimkannya ke pihak berwenang jika mereka mencurigai pelanggan bisa berbuat jahat.

Selanjutnya


  • INDEKS BERITA

Tag
  • HSBC
  • Skema Ponzi
  • Pencucian Uang