Indonesia catat kasus harian corona terendah 2 bulan terakhir, tetap disiplin 3M

Indonesia catat kasus harian corona terendah 2 bulan terakhir, tetap disiplin 3M

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

– JAKARTA. Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melaporkan, ada tambahan 2.696 kasus baru virus corona di Indonesia pada Minggu (1/11). Ini adalah infeksi harian terendah dalam dua bulan terakhir.

Dengan hanya mencatat 2.696 kasus baru pada Minggu (1/11), angka itu merupakan infeksi harian paling rendah sejak 26 Agustus lalu. Ketika itu, Indonesia mengonfirmasi 2.306 kasus anyar.  

Dan, tambahan kasus baru pada Minggu (1/11) membawa total infeksi di Indonesia menjadi 412.784 kasus. Angka ini masih yang tertinggi di kawasan Asia Tenggara.

Sebelumnya, juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, secara mingguan, kasus virus corona di Indonesia mengalami penurunan. 

Baca Juga: UPDATE Corona Indonesia, Minggu (1/11): Tambah 2.696 kasus, taati protokol kesehatan

Dibanding pekan sebelumnya, pada pekan ini kasus positif Covid-19 turun 4,5%. “Ini adalah perkembangan ke arah lebih baik karena kasus positif mengalami penurunan,” kata Wiku, Selasa (27/10).

Sementara jumlah pasien yang sembuh dari Covid-19 di Indonesia bertambah 4.141 orang pada Minggu (1/11), sehingga total menjadi 341.942 orang.

Sedangkan jumlah orang yang meninggal akibat virus corona bertambah 74 orang pada Minggu (1/11). Alhasil, total kematian akibat Covid-19 di negara kita menjadi 13.943 orang.

Pentingnya perilaku 3M

Lantaran tambahan kasus virus corona masih tinggi, pemerintah meminta masyarakat memiliki tanggungjawab yang tinggi pula dan kolektif untuk mematuhi protokol kesehatan. 

Baca Juga: UPDATE Minggu (1/11): Kasus sembuh Covid-19 tambah 4.141, terus pakai masker

Untuk itu, pemerintah menekankan pentingnya perilaku 3M, yakni memakai masker dengan benar, menjaga jarak hindari kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun.

Berdasarkan banyak penelitian, rajin mencuci tangan pakai sabun bisa menurunkan risiko penularan virus, termasuk virus corona baru sebesar 35%.

Sementara memakai masker bisa mengurangi risiko penularan virus corona hingga 45% kalau menggunakan masker kain. Sedang memakai masker medis, risiko penularan berkurang hingga 75%.

Selanjutnya: Mengawal Protokol Kesehatan Covid-19 Dari Lingkup Perumahan

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

  • INDEKS BERITA

Tag
  • Virus Corona
  • #satgascovid19
  • #ingatpesanibu
  • #jagajarak
  • #cucitangan
  • KONTAN Mencegah Covid-19