Redsun Properties and Redsun Services again garner “China Property Award of Supreme Excellence” and “Quality Property Management Award”

Moonstake Integrates Muse Finance for MUSE Lockdrop and Advanced DeFi Connectivity

Leo Secures a Total of HKD1.15 Billion Green Loan after Successful Completion of Third Round of Green Financing

VFS Global opens new UAE Attestation Centres in the Philippines

Airlangga: Modernisasi koperasi agar adaptif dan berdaya saing

Kemendag berupaya tingkatkan ekspor produk organik UKM Indonesia

Kemenhub terbitkan perubahan SE perjalanan dengan moda kereta api

MPV dan SUV masih merajai pasar kendaran bekas

Kredit Usaha Rakyat pada sektor pertanian perlu untuk ditingkatkan

JWD to acquire 20% stake in ESCO, sealing partnership with PSA

Mandalika Circuit could emerge as favorite in racing world: Expert

Pemerintah serap Rp13,15 triliun dari lelang sukuk

Pengamat: Efektivitas PPKM dapat cegah peningkatan angka pengangguran

Risma rencanakan bantuan tak hanya bisa dibelanjakan di e-Warung

CORE: Dana PEN dapat topang pertumbuhan ekonomi kuartal III-2021

Mute Offers Preview of Long-Awaited Layer 2 DEX Set to Launch

Airlangga: Pemulihan dorong perbaikan kinerja emiten

China Dynamics Changes Name to Ev Dynamics

Motul powers Honda motorbikes to a weekend full of victories

EC Healthcare Announced Quarterly Sales Volume, Successfully Expanded New Flagship Service Centre

Objek wisata Banjarnegara tutup hingga 2 Agustus, termasuk Dieng

Yuan “rebound” 29 basis poin, menjadi 6,4734 terhadap dolar AS

Land Rover sedang kerjakan Defender SVR

Rupiah Selasa pagi menguat 3 poin

Peneliti ungkap cara kuatkan hubungan dagang Indonesia-Inggris

Digipay solusi penyelamatan uang negara dan optimalisasi Program PEN

Singapore cord blood bank Cryoviva establishes footprint in the UAE

KemenESDM: Pipa gas Gresik-Semarang siap penuhi kebutuhan masyarakat

VW Amarok W580X hadir di Australia kerjasama dengan Walkinshaw

Biogen and Eisai Announce ADUHELMTM (aducanumab-avwa) Data Presentations at Alzheimer’s Association International Conference 2021

Investasi modal ventura global capai rekor tertinggi, ditopang saham

Tahun pemecahan rekor untuk pendanaan modal ventura secara global adalah hasil dari ekonomi kreatif menjadi kelas aset yang sah…

San Francisco () – Investasi modal ventura global berada pada level tertinggi tahun ini, didorong oleh lonjakan ekuitas, likuiditas yang lebih tinggi, dan peningkatan minat pada sektor-sektor yang diuntungkan oleh pandemi Virus Corona.

Menurut data Refinitiv, dana modal ventura global menginvestasikan 268,7 miliar dolar AS sejauh tahun ini, jauh melampaui total investasi mereka sebesar 251,2 miliar dolar AS setahun sebelumnya.

Sebagian besar dari kesepakatan itu ada di perangkat lunak, e-commerce, perawatan kesehatan digital, dan perusahaan teknologi keuangan, yang produk dan layanannya memiliki permintaan yang kuat selama pandemi, menurut data.

“(Lockdown) dan perubahan perilaku konsumen telah memicu pertumbuhan untuk startup (usaha rintisan) digital, pada gilirannya, mempercepat minat investor,” kata Jaime Moreno, Direktur Operasi Secfi, penyedia alat-alat perencanaan ekuitas untuk karyawan startup yang berbasis di San Francisco.

Startup tahap akhir telah menarik bagian terbesar dari dana-dana tersebut, dengan perusahaan modal ventura memompa 195,3 miliar dolar AS atau sekitar 73 persen dari total investasi mereka, sementara perusahaan tahap awal telah menerima 73,4 miliar dolar AS.

“Modal ventura terus mengalir ke startup tahap selanjutnya. Ini didorong oleh euforia beberapa langkah besar keluar (exit) baru-baru ini,” kata Swati Chaturvedi, Chief Executive Officer (CEO) dari platform investasi malaikat Propel X yang berbasis di San Francisco.

"Selain itu, perusahaan modal ventura duduk di banyak komitmen yang belum dialokasikan."

Suku bunga terendah, terburu-buru untuk mendiversifikasi portofolio mereka dan serangkaian keberhasilan keluar juga telah mendorong investor global untuk menyisihkan lebih banyak uang untuk dana-dana modal ventura tahun ini.

Dana-dana modal ventura AS mengumpulkan 70 miliar dolar AS pada paruh pertama tahun ini, meningkat 65 persen dari tahun sebelumnya, menurut data Refinitiv. Dana-dana Asia dan Eropa masing-masing mengumpulkan16,1 miliar dolar AS dan 8,2 miliar dolar AS, jauh lebih tinggi daripada tahun lalu.

“Tahun pemecahan rekor untuk pendanaan modal ventura secara global adalah hasil dari ekonomi kreatif menjadi kelas aset yang sah dan investor mengetahui bahwa mereka perlu memiliki alokasi,” kata Jeff Ransdell, Direktur Pelaksana Fuel Venture Capital yang berbasis di Miami, Florida.

Baca juga: Kemlu upayakan tarik modal ventura asing untuk 'startup' lokal

Bulan lalu, perusahaan modal ventura Accel mengumpulkan lebih dari 3 miliar dolar AS di tiga dana investasi baru untuk mendukung perusahaan di Amerika Serikat, Eropa dan Israel.

Sejak 2019 sebanyak 10 perusahaan, tempat Accel berinvestasi, dipublikasikan, termasuk Slack, Bumble, UiPath, CrowdStrike, dan Deliveroo.

Perusahaan modal ventura inovasi biomedis menjadi terapi Vida Ventures mengumpulkan 825 juta dolar AS bulan lalu dalam putaran pendanaan yang kelebihan permintaan untuk dana ketiganya dari para investor institusi blue-chip yang ada dan baru di seluruh dunia.

Data dari CB Insights menunjukkan Tiger Global, Andreessen Horowitz dan Sequoia Capital China memimpin aktivitas kesepakatan pada kuartal kedua.

Baca juga: Asosiasi ingin investor lirik usaha rintisan di daerah

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © 2021