Jaga arus kas, Multi Bintang Indonesia (MLBI) tak bagikan dividen tambahan

Jaga arus kas, Multi Bintang Indonesia (MLBI) tak bagikan dividen tambahan

Reporter: Muhammad Julian | Editor: Wahyu T.Rahmawati

– JAKARTA. Produsen Bir Bintang, PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI) memutuskan untuk tidak membagikan dividen tambahan selain dividen interim yang telah yang telah dibayarkan sebesar Rp 47 per saham pada 12 November 2019 lalu. Keputusan ini ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang berlangsung pada Jumat (28/8).

Direktur Finance Multi Bintang Indonesia Sandra Asher Pattenden mengatakan, keputusan untuk tidak membagikan dividen tambahan dilakukan diberlakukan demi mengamankan arus kas di tengah krisis yang diakibatkan oleh pandemi corona (covid-19). “Karena pada tahapan ini, kami belum bisa memperkirakan sepenuhnya dampak negatif dari Covid-19 pada bisnis kami, mengingat belum terlihat secara jelas kapan wabah tersebut akan berakhir dan sejauh apa dampaknya pada ekonomi Indonesia,” kata Sandra dalam siaran pers, Jumat (28/8).

MBLI mengatakan, pasar bir memang tengah berada di bawah tekanan. Sebab industri pariwisata yang merupakan industri penopang pasar bir sedang melambat. Terlebih, pengeluaran masyarakat juga sedang melemah di tengah pandemi.

Baca Juga: Penuhi Kas, PT Multi Bintang Indonesia Tbk (MLBI) Menarik Pinjaman Rp 1,1 Triliun

Sepanjang Januari-Juni 2020 lalu, MLBI mencatatkan penjualan bersih sebesar Rp 799,70 miliar, merosot 48,64% dibanding realisasi periode sama tahun sebelumnya yang mencapai Rp 1,55 triliun. Seturut penurunan pada sisi penjualan bersih, laba berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk alias laba bersih perusahaan ikut menyusut 86,99% secara tahunan atau year-on-year (yoy) dari semula Rp 485,62 miliar di semester I 2019 menjadi Rp 63,13 miliar di semester I 2020.

Selain memutuskan untuk tidak membagikan dividen tambahan, RUPST MLBI yang dihelat pada Jumat (28/8) juga menyepakati penunjukkan Rene Sanchez Valle sebagai presiden direktur serta Joerg Gruetzmacher sebagai direktur supply chain. Masing-masing menggantikan Murk Hidde Splits dan Chew Boon Hee yang ditugaskan untuk menempati posisi di negara lain.

Baca Juga: Tekanan corona berlanjut, kinerja Multi Bintang (MLBI) makin loyo di kuartal II 2020

Sebagai informasi,  Rene Sanchez Valle bergabung dengan Heineken pada tahun 2010 silam sebagai Global Production Strategy Manager di Heineken International. Pada perkembangan berikutnya, Rene Sanchez Valle sempat ditunjuk sebagai Managing Director Heineken Mongolia dan Heinken Myanmar sebelum akhirnnya bergabung MLBI.

Sementara itu, Joerg Gruetzmacher mulai bergabung di Heineken pada tahun 2001 sebagai Deputy Brewery Manager di Chur Brewery Swiss. Pada perkembangan berikutnya, Joerg Gruetzmacher juga telah mengisi posisi sebagai Brewery Manager di beberapa negara, serta mengisi posisi Supply Chain Director dan Production Director di China sebelum ditugaskan di Indonesia.

Baca Juga: Laba Multi Bintang (MLBI) anjlok sampai 87% di kuartal II-2020

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

  • INDEKS BERITA