Kewajiban bersih posisi investasi internasional naik, berikut komponen penyusunnya

Kewajiban bersih posisi investasi internasional naik, berikut komponen penyusunnya

Reporter: Bidara Pink | Editor: Yudho Winarto

– JAKARTA. Posisi Investasi Internasional (PII) Indonesia pada akhir kuartal II-2020 mencatat net kewajiban sebesar US$ 280,8 miliar atau setara 25,7% produk domestik bruto (PDB), meningkat dari net kewajiban pada kuartal I-2020 yang sebesar US$ 256,6 miliar atau setara 22,8% PDB.

Bila menilik komponen PII pada akhir kuartal II-2020, semua komponen PII  mengalami net kewajiban, kecuali cadangan devisa (cadev) yang mencatat aset neto.

“Ini karena peningkatan kewajiban neto investasi portofolio dan investasi langsung yang lebih besar dibandingkan dengan peningkatan aset cadangan devisa serta penurunan kewajiban neto investasi lainnya dan derivatif finansial,” ujar Bank Indonesia (BI) dalam laporan PII, Jumat (25/9).

Terperinci, kewajiban investasi portofolio meningkat sebesar US$ 22,1 miliar. Sementara net kewajiban investasi langsung meningkat US$ 18,6 miliar. Peningkatan ini menyebabkan meningkatnya posisi Kewajiban Finansial Luar Negeri (KFLN) sebesar US$ 39,0 miliar.

Baca Juga: Kewajiban bersih posisi investasi Indonesia naik, ini kata ekonom BCA

Sebaliknya, posisi kewajiban investasi lainnya mengalami penurunan sebesar US$ 1,0 miliar dan kewajiban derivatif finansial mengalami penurunan US$ 0,7 miliar.

Di sisi lain, posisi Aset Finansial Luar Negeri (AFLN) pada kuartal II-2020 meningkat sebesar US$ 14,7 miliar, terutama ditopang oleh peningkatan cadev sebesar US$ 10,7 miliar dan aset investasi langsung sebesar US$ 3,0 miliar.

Komponen investasi lainnya  juga mengalami peningkatan posisi aset, sebesar US$ 0,6 miliar. Pun dengan investasi portofolio mengalami peningkatan sebesar US$ 0,5 miliar. Di sisi lain, komponen derivatif finansial mengalami penurunan aset sebesar US$ 0,2 miliar.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

  • INDEKS BERITA

Tag
  • posisi investasi internasional
  • Bank Indonesia