Latihan militer AS-Korea: Enam pembom terbang di dekat Semenanjung

Latihan militer AS-Korea: Enam pembom terbang di dekat Semenanjung

Sumber: Yonhap,Yonhap | Editor: S.S. Kurniawan

–¬†SEOUL. Amerika Serikat (AS) menerbangkan enam pembom di dekat Semenanjung Korea secara bersamaan awal pekan ini, guna menunjukkan komitmennya terhadap pertahanan negara-negara mitra pada latihan militer bersama dengan Korea Selatan.

Demonstrasi kekuatan udara berlangsung Senin (17/8), sehari sebelum peluncuran latihan gabungan Korea Selatan-AS. Latihan, yang akan berlangsung hingga 28 Agustus bertujuan mempertahankan postur pertahanan gabungan kedua negara.

Menurut Komando Indo-Pasifik AS, empat pembom B-1 Lancers dan dua stealth bomber B-2 Spirit melakukan misi Bomber Task Force (BTF) secara bersamaan selama 24 jam pada Senin (17/8), kantor berita Yonhap melaporkan Rabu (19/8).

Baca Juga: Bikin panas Korea Utara, AS dan Korea Selatan gelar latihan militer gabungan

Empat B-1 Lancers-dua dari Pangkalan Angkatan Udara Ellsworth di South Dakota dan dua lagi dari Pangkalan Guam-terbang ke Laut Timur atau Laut Jepang, Komando Indo-Pasifik AS mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Mereka kemudian bergabung dengan empat jet tempur F-15C Eagles dari Pangkalan Udara Kadena Jepang, serta Kelompok Penyerang Kapal Induk USS Ronald Reagan, dan melakukan latihan dengan kekuatan besar.

Komando Indo-Pasifik AS mengungkapkan, dua stealth bomber B-2 Spirit lepas landas dari Pangkalan Angkatan Udara Whiteman di AS dan “mengirimkan kemampuan unik mereka sendiri” di Samudra Hindia.

Baca Juga: Perkuat militer, Korea Selatan bangun kapal induk pada tahun depan

Misi kekuatan udara serentak

Selanjutnya


  • INDEKS BERITA