Laut China Selatan siap bergolak, China gelar 2 latihan militer serentak

Laut China Selatan siap bergolak, China gelar 2 latihan militer serentak

Sumber: Global Times | Editor: S.S. Kurniawan

– BEIJING. Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) akan mengadakan dua latihan simultan di Laut China Selatan pada Selasa (17/11). Dan, salah satunya bisa menampilkan latihan pendaratan amfibi.

PLA Daily melaporkan pada Senin (16/11), serangkaian latihan militer akan berlangsung di wilayah Laut China Selatan sebelah Barat Semenanjung Leizhou, mulai 17 hingga 30 November mendatang. 

Lalu, serangkaian latihan lainnya diadakan di Teluk Honghai pada Selasa (17/11), PLA Daily mengutip dua pembatasan navigasi yang dirilis oleh Badan Keselamatan Maritim Provinsi Guangdong, Senin (16/11).

Kedua lokasi latihan militer berada di Laut Cina Selatan, dan tidak ada kapal lain yang diizinkan memasuki zona terlarang, menurut pemberitahuan Badan Keselamatan Maritim Guangdong.

Baca Juga: Khawatir dengan aktivitas China, Jepang dan Australia teken pakta pertahanan?

Latihan tembakan langsung 

Tapi, mengutip Global Times, baik pemberitahuan Badan Keselamatan Maritim Guangdong maupun laporan PLA Daily tidak memberikan perincian tentang latihan militer tersebut.

Di wilayah yang sama di dekat Semenanjung Leizhou, PLA mengadakan latihan tembakan langsung yang mencakup area yang luas dengan amunisi kuat pada akhir Juli lalu.

Teluk Honghai di lepas pantai Kota Shanwei memiliki nilai militer yang tinggi, dan bisa digunakan untuk pendaratan amfibi dan latihan penyerbuan pulau, eastday.com melaporkan pada Senin (16/11).

Situs berita yang berbasis di Shanghai itu mencatat, Shanwei hanya berjarak sekitar 100 mil laut dari Kepulauan Dongsha.

Baca Juga: Bekal perang di masa depan, China rilis pedoman peningkatan kemampuan tempur

Pada Mei 2019, China dan Thailand mengadakan pendaratan amfibi dalam latihan gabungan Angkatan Laut bertajuk Blue Commando-2019 di Teluk Honghai. 

Peralatan pendaratan amfibi utama termasuk kapal pendarat amfibi Tipe 071, kapal pendarat kelas Zubr, dan kendaraan serbu amfibi Tipe 05 digunakan dalam latihan tersebut, menurut eastday.com.

Selanjutnya: Cemas Perang Dunia III meletus, AS akan tantang China di Laut China Selatan

 


  • INDEKS BERITA

Tag
  • China
  • Laut China Selatan
  • Amerika Serikat