Lewat private placement, Tiga Pilar (AISA) akan raih Rp 499 miliar dari FKS Group

Lewat private placement, Tiga Pilar (AISA) akan raih Rp 499 miliar dari FKS Group

Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

-JAKARTA. PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA)  siap melakukan aksi korporasi dengan penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dulu (PMTHMETD) alias private placement.

Merujuk pengumuman resmi perusahaan Tiga Pilar atau TPS Food atas pelaksaan sebagian dari PMTHMETD, Selasa (27/10),AISA akan meraih dana sebesar Rp 499 miliar dari aksi korporasi tersebut tersebut

Adalah pemegang saham AISA yakni PT Pangan Sejahtera Investama akan menyerap saham baru yang diterbitkan TPS Food dengan harga pelaksanaan Rp 210 per saham.

Dengan harga pelaksanaan private placement sebesar  Rp 210, AISA akan memperoleh dana Rp 499 miliar dari aksi tersebut  

Dalam aksi korporasinya itu, AISA akan  melepas sebanyak 2,38 miliar saham Seri B masing-masing bernilai nominal Rp 200.   Adapun, pengambilan bagian saham atas pelaksanaan sebagian PMTHMETD akan dilakukan oleh PT Pangan Sejahtera Investama yang tak lain pemegang saham AISA dengan kepemilikan  32,78%. 

Baca Juga: RUPSLB Tiga Pilar Sejahtera (AISA) setujui private placement

Lebih terperinci,  Pangan Sejahtera dimiliki oleh FKS Food and Ingredient dengan kepemiikan 99,6%. Adapun sisa sahamnya 0,4% dimiliki oleh FKS Corporindo Indonesia. Para pengendali ini dimiliki oleh perusahaan asal Singapura, FKS Food and Agri Pte Ltd (FKS Group).

 Adapun jadwal pelaksaan sebagian private placement sebagai berikut:

Penerbitan saham baru dan penyetoran atas saham baru: 6 November 2020.

Pencatatan saham baru hasil private placement: 9 November 2020,

Pengumuman hasil pelaksanaan private placement:  10 November 2020.  

Setelah pelaksanaan private placement, jumlah modal ditempatkan dan disetor AISA  yang awalnya sebanyak 4,78 miliar saham akan menjadi sebanyak 7,16 saham.  

Baca Juga: Tiga Pilar (AISA) upayakan pelunasan utang

Merujuk pemberitaan sebelumnya, AISA mendapat persetujuan pemegang saham atas rencana penerbitan saham baru untuk mendapatkan dana segara hingga Rp 1,56 triliun. Sejumlah investor dijajaki, baik dari lokal mapun internasional yang berhasrat mengambil sebagian saham baru  AISA.  

Ada dua cara dirancang yakni penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (non-HMETD) atau private placement dengan target Rp 1,26 triliun. 

Lewat aksi ini, AISA akan menerbitkan 6 miliar saham baru dengan harga pelaksanaan Rp 210 per saham.

Langkah kedua, penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu atau rights issue. Merujuk rencana, saham baru dalam rights issue maksimal 1,50 miliar saham dengan nilai nominal Rp 200. Target AISA, lewat aksi ini  bisa memperoleh dana sekitar Rp 300 miliar.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

  • INDEKS BERITA

Tag
  • private placement
  • PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA)
  • PT Tiga Pilar Sejahtera Tbk
  • Tiga Pilar
  • Tiga Pilar Sejahtera
  • Tiga Pilar Sejahtera Food