Mantan Bos The Fed Bernanke: Ini tahun yang buruk bagi AS, tidak ada pemulihan cepat

Mantan Bos The Fed Bernanke: Ini tahun yang buruk bagi AS, tidak ada pemulihan cepat

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

– SAN FRANCISCO. Menurut mantan pimpinan Federal Reserve Ben Bernanke, Perkonomian AS dapat menyusut 30% atau lebih pada kuartal ini karena perintah untuk tetap berada di rumah yang bertujuan untuk memperlambat wabah virus corona menghambat bisnis. Hal itu bisa memakan waktu beberapa tahun sebelum ekonomi akhirnya bangkit kembali. 

“Secara keseluruhan, ini bisa menjadi tahun yang sangat buruk bagi perekonomian,” kata Bernanke dalam acara daring Brookings Institution. Namun, ia menambahkan, sejauh ini tanggapan kebijakan fiskal dan moneter sudah cukup baik, meskipun akan dibutuhkan lebih banyak lagi.

“Ada hal-hal yang dapat kita lakukan untuk membuka ekonomi, mungkin secara signifikan, tetapi saya tidak melihat perekonomian kembali ke keadaan normal sampai ada kepercayaan yang jauh lebih besar … bahwa membuka ekonomi tidak akan memulai kembali krisis,” urainya.

Baca Juga: Gulingkan AS, China jadi pemimpin dunia dalam pengajuan paten

Meski begitu, katanya, sejarah menunjukkan bahwa pemulihan akan jauh lebih pendek daripada yang terjadi setelah krisis keuangan 2007-2009. “Ekonomi AS akan pulih dan dalam beberapa tahun hanya akan menunjukkan tanda-tanda sederhana dari pengalaman ini,” prediksinya.

Dengan lebih dari 90% populasi AS, di bawah perintah untuk melakukan bisnis yang penting saja, jutaan orang sudah kehilangan pekerjaan karena bisnis ditutup atau operasi dikurangi secara tajam. Di sisi lain, vaksin untuk melindungi diri dari infeksi setidaknya baru bisa didapat sekitar satu tahun lagi. Menurut Bernanke, durasi dan kedalaman penurunan ekonomi sangat tergantung pada lintasan virus.

Baca Juga: Kata Bill Gates, kehidupan bisa sepenuhnya normal kembali jika…

“Jika kita bisa mematikan epidemi, tentu saja ekonomi akan bangkit kembali dengan cepat,” katanya. Tetapi lebih mungkin bahwa aktivitas hanya akan dimulai kembali secara bertahap dan mungkin perlu diperlambat lagi jika virus muncul kembali, demikian tambahnya.

Selanjutnya


  • INDEKS BERITA

Tag
  • Amerika Serikat
  • Ben Bernanke
  • Virus Corona