Marketing sales diramal naik, ini rekomendasi untuk saham Ciputra Development (CTRA)

Marketing sales diramal naik, ini rekomendasi untuk saham Ciputra Development (CTRA)

Reporter: Benedicta Prima | Editor: Tendi Mahadi

– JAKARTA. PT Ciputra Development Tbk (CTRA) memproyeksikan pendapatan pra-penjualan (marketing sales) tahun ini bisa tumbuh 15-20% didorong oleh pulihnya daya beli sejalan dengan pemulihan ekonomi, relaksasi pembiayaan perumahan dan tren rendahnya suku bunga. 

Analis Sucor Sekuritas Joey Faustian memprediksi CTRA bisa mencapai target pertumbuhan marketing sales 7% ke angka Rp 5,9 triliun di 2021 ini. Target pertumbuhan 7% ini dinilai cukup konservatif dengan melihat hasil marketing sales di kuartal IV-2020. 

Di mana pada Oktober 2020 CTRA membukukan Rp 712 miliar,kemudian Rp 755 miliar di November 2020 dan Rp 258 miliar di Desember 2020. Secara total, CTRA membukukan marketing sales Rp 5,5 triliun di 2020.

Baca Juga: Tiga Pilar (AISA) resmi berganti nama jadi FKS Food Sejahtera

“Di 2021 CTRA diprediksi bisa membukukan penjualan yang baik didorong oleh proyek rumah tapak sekitar 88%, yang permintaannya cenderung lebih resilient dan baik selama pandemi,” jelas Joey kepada Kontan, Jumat (26/2). 

Proyek-proyek yang diandalkan antara lain CitraRaya Tangerang, CitraLand Gama City Medan, CitraGarden City Jakarta, CitraLand Surabaya dan Citra Sentul Raya, serta ada dua proyek baru yaitu Citra Land Puncak Tidar Malang dan CitraLand Kota Deli Megapolitan. 

Dus, Joey masih merekomendasikan beli untuk saham CTRA. Dari sisi fundamental CTRA dinilai sangat baik, dengan net gearing di angka 30% lebih rendah dari rata-rata sektor yang sebesar 47%, portofolio produk segmen menengah bawah kurang dari Rp 2 miliar yang besar mencapai 63%, juga diversifikasi di 33 lokasi di Indonesia sehingga tidak tergantung dengan satu proyek atau lokasi.

Baca Juga: Ciputra Development (CTRA) targetkan marketing sales bisa tumbuh 15%-20%

Dari segi valuasi saham CTRA dari diskon RNAV masih termurah yaitu 75% dibandingkan rata-rata sektor 68%. Namun dari PBV multiple valuasi sudah cukup fair di 1,09 kali proyeksi 2021. Sedangkan rata-rata PBV sektor 1,05 kali. 

Joey merekomendasikan beli dengan target harga Rp 1.200. Pada perdagangan Jumat (26/2) harga saham CTRA ditutup pada level Rp 1.155. 

Selanjutnya: Kinerja diproyeksi tumbuh, begini rekomendasi untuk saham Astra International (ASII)

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

  • INDEKS BERITA