Memanas, kapal serbu amfibi China berlayar di Laut China Selatan dekat Taiwan

Memanas, kapal serbu amfibi China berlayar di Laut China Selatan dekat Taiwan

Sumber: Global Times | Editor: S.S. Kurniawan

– BEIJING. Baru-baru ini, kapal serbu amfibi Tipe 075 pertama China terlihat di Laut China Selatan, dekat dengan Taiwan, media Taiwan melaporkan.

Kapal serbu amfibi Tipe 075 muncul di dekat Pangkalan Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) di Sanya, Provinsi Hainan, di depan pintu Laut China Selatan, menurut media Taiwan, SET News Channel.

“Lokasinya sangat dekat dengan Taiwan,” sebut SET News Channel seperti dikutip Global Times, Kamis (5/11).

Ini pertama kalinya Tipe 075 muncul di Sanya. Warga Shanghai, tempat kapal serbu amfibi itu dibangun, mengklaim Tipe 075 meninggalkan kota pada akhir Oktober lalu.

Baca Juga: Jenderal-jenderal Taiwan takut perang dengan China, ini alasannya

Menurut Song Zhongping, pakar militer China dan komentator TV, kapal serbu amfibi Type 075 perlu menjalani lebih banyak uji coba laut.

“Dan, dibandingkan dengan Laut Kuning atau Laut China Timur, Laut China Selatan memiliki ombak yang lebih besar dan angin yang lebih kuat,” katanya kepada Global Times. 

Menguji lebih lanjut kapal serbu amfibi

Kapal serbu amfibi Type 075 pertama China resmi meluncur pada September 2019, berhasil menyelesaikan uji coba laut pertamanya pada Agustus tahun ini.

“Uji coba laut yang baru di Laut China Selatan akan menguji lebih lanjut kapal perang tersebut, yang merupakan langkah penting sebelum memasuki layanan dengan Angkatan Laut PLA,” ujar Song.

Baca Juga: Jika perang dengan China, Jendral Taiwan sebut negaranya hanya bisa bertahan 2 minggu

Selanjutnya


  • INDEKS BERITA

Tag
  • China
  • Taiwan
  • Selat Taiwan
  • Laut China Selatan
  • kapal serbu amfibi