Pengajuan Pengadilan Mendedahkan Hubungan Pribadi Antara Fani Willis dan Jaksa yang Ditugaskan dalam Kasus Trump

fani-willis-prosecutor-relationship-trump-case

(SeaPRwire) –   ATLANTA — Sebuah pengarsipan pengadilan hari Jumat mengungkapkan bahwa Jaksa Distrik Fulton County Fani Willis terlibat dalam “hubungan pribadi” dengan jaksa penuntut khusus yang dipekerjakannya untuk kasus pelanggaran pemilu Georgia terhadap mantan Presiden Donald Trump, namun ia berpendapat tidak ada dasar untuk membatalkan kasus tersebut atau untuk memindahkannya dari penuntutan.

Willis mempekerjakan jaksa penuntut khusus Nathan Wade pada bulan November 2021 untuk membantunya menyelidiki apakah mantan presiden dari Republik dan yang lainnya melanggar hukum apa pun ketika mereka mencoba membatalkan kekalahannya dalam pemilihan presiden tahun 2020 di Georgia. Sejak bulan Agustus, Wade telah memimpin tim pengacara yang dibentuk Willis untuk mengadili kasus tersebut.

Dalam sebuah surat pernyataan yang menyertai pengarsipan tersebut, Wade mengatakan bahwa pada tahun 2022, ia dan jaksa distrik tersebut telah mengembangkan hubungan pribadi selain dari “hubungan profesional dan pertemanan” mereka.

Namun ia juga mengatakan bahwa ia tidak pernah tinggal dengan Willis atau berbagi rekening keuangan atau pengeluaran rumah tangga dengannya. Ia mengatakan bahwa tidak ada dana yang dibayarkan kepadanya sebagai bagian dari pekerjaan tersebut yang telah dibagikan kepada Willis, sebuah upaya untuk melemahkan klaim dari pengacara pembela tentang adanya konflik kepentingan.

Wade menggambarkan dirinya dan Willis sebagai “profesional independen secara finansial; pengeluaran atau perjalanan pribadi dibagi sama rata di antara kami.”

“Kadang-kadang,” Wade mengatakan, “Saya telah membuat dan membeli perjalanan untuk Jaksa Distrik Willis dan saya sendiri dari dana pribadi saya. Di lain waktu Jaksa Distrik Willis telah membuat dan membeli perjalanan untuk dia dan saya dari dana pribadinya.”

“Saya tidak memiliki kepentingan finansial dalam hasil kasus pelanggaran pemilu tahun 2020 atau dalam pemidanaan terdakwa mana pun,” tulisnya.

Pengarsipan hari Jumat oleh tim Willis muncul sebagai tanggapan atas mosi yang diajukan bulan lalu oleh pengacara pembela Ashleigh Merchant, yang mewakili terdakwa bersama Trump, Michael Roman. Mosi tersebut menuduh bahwa Willis dan Wade berada dalam hubungan romantis yang tidak pantas yang menciptakan konflik kepentingan. Pengarsipan tersebut berupaya untuk membatalkan kasus tersebut dan agar Willis dan Wade serta kantor mereka dilarang mengadili kasus tersebut lebih lanjut.

Trump dan setidaknya satu terdakwa lainnya, pengacara Georgia Robert Cheeley, telah mengajukan gugatan untuk membatalkan dakwaan dan memindahkan Willis dari kasus tersebut.

Hakim Pengadilan Tinggi Fulton County Scott McAfee, yang memimpin kasus pemilu tersebut, telah menetapkan sidang pada tanggal 15 Februari atas mosi Roman. Willis dan Wade termasuk di antara selusin saksi yang dihadirkan Merchant pada sidang tersebut.

Pengarsipan hari Jumat meminta McAfee untuk membatalkan mosi Roman tanpa sidang.

Trump dan pengkritik Willis lainnya memanfaatkan tuduhan tentang hubungan antara Willis dan Wade, menggunakannya untuk mencoba meragukan keabsahan kasus tersebut. Mantan presiden tersebut juga menuduh Willis — dan jaksa penuntut di Atlanta — melakukan serangan politis karena ia tampaknya akan menjadi kandidat presiden dari Partai Republik untuk tahun 2024.

Willis, seorang anggota Partai Demokrat yang terpilih, akan dipilih kembali tahun ini. Tuduhan tersebut dapat menjadi isu kampanye jika ada yang memutuskan untuk menantangnya.

Mosi Roman mempertanyakan kualifikasi Wade untuk terlibat dalam penuntutan yang kompleks berdasarkan undang-undang anti- pemerasan Georgia. Hal ini juga menuduh Willis secara pribadi memperoleh keuntungan dari kasus tersebut, dengan mengatakan bahwa ia telah membayar Wade lebih dari $650.000 untuk pekerjaannya dan kemudian mendapat keuntungan ketika Wade menggunakan penghasilannya untuk membayar liburan yang mereka berdua lakukan bersama.

Selama beberapa minggu setelah mosi tersebut diajukan pada tanggal 8 Januari, baik Willis maupun Wade tidak secara terbuka menanggapi tuduhan hubungan romantis rahasia tersebut. Namun Willis membela kualifikasi Wade dan keputusannya untuk mempekerjakannya dalam pidato yang bersemangat pada tanggal 14 Januari ketika ia menjadi pembicara undangan pada kebaktian untuk menghormati Pendeta Martin Luther King Jr. di sebuah gereja kulit hitam bersejarah di Atlanta.

Mosi Roman tidak menyertakan bukti konkret untuk tuduhan hubungan romantis antara Willis dan Wade. Namun dalam sebuah pengajuan dalam kasus perceraian Wade, istrinya menyertakan tagihan kartu kredit yang menunjukkan bahwa Wade telah membeli tiket pesawat untuk Willis untuk bepergian bersamanya ke San Francisco dan Miami.

Juga pada hari Jumat, Perwakilan AS Jim Jordan, ketua Komite Kehakiman DPR, mengirimkan surat panggilan kepada Willis untuk setiap dokumen atau komunikasi yang terkait dengan penerimaan dan penggunaan dana federal oleh kantornya, serta setiap dokumen atau komunikasi yang merujuk atau berhubungan dengan tuduhan apa pun tentang penyalahgunaan dana federal oleh kantornya.

“Kami bangga dengan program hibah kami dan kemitraan kami dengan Departemen Kehakiman yang menjadikan Fulton County tempat yang lebih aman dan lebih adil,” kata Willis hari Jumat dalam sebuah pernyataan yang menanggapi surat panggilan Jordan.

Jordan telah mengirim beberapa surat kepada Willis sejak September untuk meminta informasi. Setiap kali, dia menolak untuk mengirimkan informasi yang diminta, dengan mengatakan bahwa permintaan anggota kongres tersebut melanggar prinsip-prinsip federalisme dan pemisahan kekuasaan dan menuduhnya mencoba ikut campur dalam penuntutan pidana.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.