Pengamat menilai menteri Jokowi minim gebrakan

Pengamat menilai menteri Jokowi minim gebrakan

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Tendi Mahadi

– JAKARTA. Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio menilai menteri-menteri Joko Widodo, khususnya menteri yang bergerak di bidang ekonomi minim gebrakan.

Menurut Agus, sejauh ini tidak ada terobosan-terobosan kebijakan yang muncul dari para menteri, baik dari bidang pertanian, perdagangan, perindustrian dan bidang lainnya. Menurutnya, kemarahan dari Presiden Joko Widodo beberapa waktu yang lalu pun menunjukkan kinerja para menteri yang kurang baik.

Menurut Agus, bila dibandingkan dengan menteri-menteri bidang ekonomi di 5 tahun sebelumnya, kinerja menteri saat ini tidak lebih baik. Akan tetapi, menurutnya adanya Covid-19 menjadi alasan para menteri tidak melakukan gebrakan.

Baca Juga: Jokowi: Kalau komunikasi vaksin kurang bijak bisa kejadian seperti UU Cipta Kerja

“Jadi susah membandingkan karena Covid-19. Mereka tidak ada terobosannya tetapi mereka alasannya karena Covid-19,” ujar Agus kepada Kontan, Minggu (19/10).

Menurut Agus, adanya Covid-19 dijadikan sebagai alasan, mengingat anggaran setiap kementerian direalokasi dan berkurang.  Menurutnya, ini jugalah yang membuat kinerja menteri sulit diberikan dengan tahun-tahun sebelumnya karena menteri tidak bekerja dengan normal.

Lebih lanjut Agus juga mengatakan sulit untuk menilai koordinasi menteri saat ini karena tidak ada struktur yang jelas. Menurutnya, saat ini ada seluruh Kementerian fokus mengatasi Covid-19. Karena itu, menurutnya harus ada patokan yang jelas apa-apa saja tugas pokok dan fungsi masing-masing menteri.

 

Selanjutnya: Setahun Jokowi-Ma'ruf Amin, sektor pariwisata babak belur akibat pandemi Covid-19

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

  • INDEKS BERITA

Tag
  • Jokowi