Pengendalian pandemi dan normalisasi kegiatan ekonomi harus berjalan dengan lancar

Pengendalian pandemi dan normalisasi kegiatan ekonomi harus berjalan dengan lancar

Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Handoyo .

– JAKARTA. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia meminta pemerintah memperhatikan penanganan pandemi covid-19 untuk pemulihan ekonomi nasional tahun 2021.

“Yang jelas agar pemulihan ekonomi berjalan lancar, pengendalian pandemi harus sukses sehingga normalisasi kegiatan ekonomi dan transisi keluar dari batasan – batasan protokol kesehatan bisa dilakukan dengan segera,” kata Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Hubungan Internasional, Shinta Widjaja Kamdani kepada Kontan, Minggu (3/1).

Kadin menilai, semua sektor perlu didorong untuk mengungkit pertumbuhan ekonomi tahun 2021. Mengingat sepanjang tahun 2020 hampir seluruh sektor terkena dampak negatif covid-19 dan berjuang untuk survive. “Jadi yang diperlukan adalah iklim usaha dan investasi yang kondusif dan supportif bagi semua sektor,” ujar dia.

Baca Juga: Menilik Perpres harga listrik energi terbarukan, mampukah terbit di Januari 2020?

Namun, untuk mendriver pertumbuhan di 2021, Kadin menilai peluang terbesarnya ada di sektor kesehatan, IT/e-commerce dan infrastruktur/belanja pemerintah. Sektor pertanian, perkebunan, pertambangan, dan industri – indsutri dasar, bisa menjadi driver tambahan dari sisi ekspor dengan catatan kinerjanya dimaksimalkan sepanjang tahun 2021.

Selain itu, Shinta menyebut, sektor jasa seperti jasa transportasi, jasa perdagangan dan retail bisa rebound dengan cepat di tahun 2021. Akan tetapi, mereka hanya akan rebound maksimal bila normalisasi atau relaksasi protokol kesehatan terjadi secara penuh. Jika tidak, sektor – sektor jasa tersebut akan terus terhimpit dan tidak bisa driver yang signifikan untuk pemulihan ekonomi.

“Karena itu, pengendalian pandemi dan normalisasi kegiatan ekonomi harus berjalan dengan lancar dan segera,” tutur Shinta.

Selanjutnya: Tahun Kerbau Logam dorong pelaku usaha bekerja lebih keras

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

  • INDEKS BERITA

Tag
  • Kadin
  • Kadin Indonesia