Peringatan China ke AS: Hindari ambil tindakan berbahaya yang bisa panaskan situasi

Peringatan China ke AS: Hindari ambil tindakan berbahaya yang bisa panaskan situasi

Sumber: Channelnewsasia.com | Editor: S.S. Kurniawan

– WASHINGTON. Menteri Pertahanan China Wei Fenghe memperingatkan Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Mark Esper lewat sambungan telepon, Kamis (6/8), untuk menghindari meletusnya ketegangan bilateral.

Peringatan Wei itu sehari setelah Washington membuat marah Beijing dengan mengumumkan akan mengirim Menteri Kesehatan Alex Azar untuk mengunjungi Taiwan pada akhir pekan ini.

Wei mengatakan kepada Esper dalam sambungan telepon selama 90 menit untuk “menghentikan kata-kata dan perbuatan yang salah” serta “menghindari mengambil tindakan berbahaya yang dapat memanaskan situasi”.

Baca Juga: Jika pecah perang AS dan China siapa yang paling kuat? Ini analisanya

Pernyataan Menteri Pertahanan China itu merujuk langsung ke Taiwan dan Laut China Selatan, kantor berita Xinhua melaporkan seperti dilansir Channelnewsasia.com.

Tetapi, Esper mengatakan kepada Wei, China sedang melakukan aktivitas destabilisasi dan tidak menunjukkan tanda-tanda untuk mundur karena AS menolak klaim kedaulatan China di Taiwan dan Laut China Selatan.

“Menteri (Pertahanan) menyerukan transparansi RRC yang lebih besar pada Covid-19, menyatakan keprihatinan tentang aktivitas destabilisasi RRC di sekitar Taiwan dan Laut Cina Selatan, dan meminta RRC untuk menghormati kewajiban internasional,” kata juru bicara Departemen Pertahanan AS Jonathan Hoffman seperti dikutip Channelnewsasia.com.

RRC maksudnya, Republik Rakyat China.

Baca Juga: Memanas, AS jatuhkan sanksi kepada pemimpin dan beberapa menteri Hong Kong

Beijing diliputi amarah

Selanjutnya


  • INDEKS BERITA

Tag
  • China
  • Amerika Serikat
  • Laut China Selatan
  • Taiwan