Pertamina bantah rumor penarikan tabung elpiji 12 kg, ini penjelasannya

Pertamina bantah rumor penarikan tabung elpiji 12 kg, ini penjelasannya

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

– JAKARTA. Beberapa hari terakhir, beredar kabar tabung elpiji 12 kilogram (12 kg) akan ditarik peredarannya dari masyarakat. Apa kata Pertamina (Persero)?

Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina MOR III, Eko Kristiawan, membantah kabar akan adanya penarikan tabung gas berwarna biru itu. Ia menjelaskan, skenario yang akan terjadi ialah penukaran secara natural tabung elpiji 12 kg dengan tabung bright gas berwarna pink. 

“Tidak ada penarikan, yang ada adalah penggantian secara alamiah atau natural,” kata Eko kepada Kompas.com, Rabu (11/11/2020). 

Lebih lanjut, Eko menjelaskan, penukaran akan dilakukan ketika pelanggan melakukan isi ulang tabung elpiji. “(Penukaran) tergantung kesediaan (bright gas) juga,” ujar dia. 

Baca Juga: Pertamina putuskan hubungan usaha pangkalan elpiji nakal di Bintan

Dengan demikian, Eko memastikan bahwa nantinya pelanggan yang belum mendapatkan tabung bright gas masih bisa menggunakan tabung elpiji 12 kg. “Jadi bukan tabung 12 kg yang biru ditarik terus otomatis tidak berlaku,” katanya. 

Untuk penukarannya sendiri, Eko memastikan bahwa pihaknya tidak memungut biaya apa pun atau gratis. “Pada dasarnya isi dan harga gas di tabung biru dan pink adalah sama,” ucap Eko.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Pertamina Tegaskan Tak Ada Penarikan Tabung Elpiji 12 Kg, tetapi…”
Penulis : Rully R. Ramli
Editor : Ambaranie Nadia Kemala Movanita

 

Selanjutnya: Pertamina dorong masyarakat gunakan Bright Gas

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

  • INDEKS BERITA

Tag
  • Bright Gas Pertamina
  • Pertamina
  • Gas Elpiji
  • Gas Elpiji 12 Kg
  • Elpiji Bright Gas