Produsen Dettol sebut cairan disinfektan tidak boleh disuntik dan ditelan

Produsen Dettol sebut cairan disinfektan tidak boleh disuntik dan ditelan

Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

– NEW YORK. Produsen disinfektan ikut berkomentar tentang saran Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk menyuntikkan cairan disinfektan ke badan pasien virus corona. Reckitt Benckser, produsen Lysol dan Dettol mengatakan, tidak ada landasan sama sekali menggunakan cairan disenfektan untuk suntikan ataupun ditelan. 

Reckitt menjelaskan, disinfektan adalah bahan berbahaya dan bisa beracun bila ditelan. Bahkan ketika terkena kulit, mata dan sistem pernafasan bisa sangat berbahaya. Produsen Vanish dan Cillit Bang dalam pernyataan resmi dikutip Bloomberg menyebutkan, semua produk disenfektan dan produk kebersihan Reckitt hanya boleh digunakan sesuai pedoman penggunaan. 

Baca Juga: Pakar kesehatan: Gagasan disinfektan Trump mengejutkan dan berbahaya

Pada Kamis (23/4), Presiden AS Donald Trump telah menyatakan ada penelitian yang dipresentasikan Bill Bryan, wakil menteri Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat tentang kelembaban dan panas bisa membunuh virus dengan kecepatan yang ccepat. Trump juga menyatakan ada potensi penggunaan disinfektan untuk virus corona. 

Atas pernyataan ini, nitizen di seluruh dunia mempertanyakan dan mencemooh saran dari Trump. 


  • INDEKS BERITA