Saat ketegangan Laut China Selatan mereda, giliran Laut Hitam memanas

Saat ketegangan Laut China Selatan mereda, giliran Laut Hitam memanas

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

– Saat ketegangan Laut China Selatan mereda, giliran Laut Hitam memanas. Ini seiring kehadiran kapal perang Amerika Serikat (AS) di perairan yang juga menjadi halaman Rusia itu. 

Dua kapal Angkatan Laut AS memasuki Laut Hitam di waktu yang berbeda. Yakni, kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke USS Roosevelt (DDG 80) dan kapal transportasi cepat kelas Spearhead USNS Yuma. 

Lewat akun Twitter-nya, Armada ke-6 Angkatan Laut AS mengumumnkan, USS Roosevelt memulai transit ke Utara dalam perjalanan ke Laut Hitam pada Selasa (15/9).

Sejurus kemudian, USNS Yuma memulai transit ke Utara menuju Laut Hitam pada Rabu (16/9). 

Baca Juga: Dekati perbatasan, jet tempur Rusia cegat dua pembom strategis AS

Kehadiran USS Roosevelt maupun USNS Yuma di Laut Hitam, Armada ke-6 Angkatan Laut AS mengatakan, untuk memulai operasi maritim rutin. 

“Armada ke-6 Angkatan Laut AS secara rutin beroperasi di Laut Hitam untuk mendukung sekutu dan mitra kami di wilayah tersebut,” tulis Armada ke-6 Angkatan Laut AS di akun Twitter.

Kali keenam mengunjungi Laut Hitam

Mengutip siaran pers di situs resmi Armada ke-6, ini adalah kali keenam kapal Angkatan Laut AS mengunjungi Laut Hitam sejak awal 2020. 

Kapal terakhir yang mengunjungi kawasan itu adalah kapal perusak berpeluru kendali kelas Arleigh Burke USS Porter (DDG 78) pada Juli, saat latihan gabungan bertajuk Sea Breeze 2020. 

Baca Juga: Ramaikan Laut Hitam, Angkatan Laut AS kirim satu unit kapal serbu amfibi

Selanjutnya


  • INDEKS BERITA

Tag
  • Rusia
  • Amerika Serikat
  • Kapal Perang
  • Laut Hitam
  • Nato