Soal pembentukan kementerian investasi, ini kata jubir BKPM

Reporter: Bidara Pink | Editor: Handoyo .

– JAKARTA. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui pembentukan Kementerian Investasi. Nantinya Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang akan diubah menjadi Kementerian Investasi.

Juru Bicara BKPM Tina Talisa mengatakan, otoritas investasi mengaku siap untuk mengikuti arahan apapun. “Kami siap menjalankan apapun yang diputuskan dan diarahkan oleh Presiden Joko Widodo,” ujar Tina kepada , Jumat (9/4). 

Tina juga mengatakan, tentang kewenangan, peran, dan fungsi BKPM dan Kementerian Investasi yang lebih detil nantinya akan dijelaskan secara rinci oleh pemerintah. 

Baca Juga: Soal penggabungan sebagian tugas dan fungsi Kemenristek, ini kata Kemendikbud

Sebelumnya, DPR menyetujui pembentukan dua kementerian dalam rapat paripurna akhir pekan lalu. Kementerian tersebut antara lain Kementerian Investasi dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

Pembentukan kementerian ini sesuai hasil rapat dengan Badan Musyawarah (Bamus) DPR yang membahas Surat Presiden Nomor R-14/Pres/03/2021 perihal Pertimbangan Pengubahan Kementerian pada 8 April 2021. 

Dalam hasil rapat Bamus tersebut disepakati dua hal. Pertama, penggabungan sebagian tugas dan fungsi Kementerian Riset dan Teknologi ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kedua, pembentukan Kementerian Investasi untuk meningkatkan investasi dan penciptaan lapangan pekerjaan. 

Selanjutnya: DPR setujui pembentukan kementerian investasi, ini kata pengusaha

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

  • INDEKS BERITA

Tag
  • Nomenklatur
  • Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)
  • BKPM