Tren bunga rendah mulai nyata, obligasi Bussan Auto Finance (BAF) beri kupon 4,9%

Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

– JAKARTA. Tren bunga rendah nampak dari hasil penawaran obligasi PT Bussan Auto Finance (BAF). Bussan Auto Finance kini tengah melakukan penawaran umum berkelanjutan (PUB) obligasi berkelanjutan I tahap II tahun 2021 senilai Rp 1,225 triliun. 

Penerbitan obligasi berkelanjutan I tahap II tahun 2021 ini merupakan bagian dari rencana perusahaan untuk merilis Rp 3,5 triliun. Pada tahap I, Bussan Auto Finance telah menerbitkan obligasi senilai Rp 100 miliar pada tahun 2020. 

Baca Juga: Bussan Auto Finance kantongi peringkat idAA dari Pefindo

Namun, penerbitan obligasi berkelanjutan I Bussan Auto Finance tahap II tahun 2021 ini dirilis dalam dua seri. Seri A akan dirilis senilai Rp 500 miliar dengan bunga tetap 4,9% berjangka waktu 370 hari. Sehingga seri A akan jatuh tempo pada 7 Mei 2022. 

Pada seri B, Bussan Auto Finance menerbitkan Rp 725 miliar dengan bunga tetap 6,9% dalam jangka waktu tiga tahun dan akan jatuh tempo pada 27 April 2024. 

Kupon yang ditawarkan oleh Bussan Auto Finance memang terlihat mini. Namun jika dibanding yield SUN, kupon multifinance ini terlihat lebih tinggi. SUN tenor satu tahun misalnya per 13 April memberikan imbal hasil 3,07%. Sedangkan yield SUN tenor tiga tahun sebesar 5,22%. 

Obligasi berkelanjutan I Bussan Auto Finance tahap II tahun 2021 ini akan memasuki masa penawaran umum pada 21 – 22 April 2021. Masa penjatahan obligasi multifinance ini dilakukan pada 23 April 2021. Pengembalian uang pemesanan dan distribusi obligasi dirilis pada 27 April 2021. 

Sementara masa pencatatan Bursa Efek Indonesia akan dilakukan pada 28 April 2021. Jika sukses, Bussan Auto Finance akan membayar bunga pertama obligasi akan dilakukan pada 27 Juli 2021. 

Baca Juga: Pekan ini, dua obligasi dan satu sukuk mudharabah tercatat di bursa

Dalam aksi korporasi ini, multifinance dibantu oleh penjamin pelaksana emisi obligasi Indo Premier Sekuritas. Dalam prospektus ringkas, Bussan Auto Finance menjelaskan, dana hasil penerbitan obligasi akan digunakan untuk pembiayaan konsumen. 

Bussan Auto Finance (BAF) dalam obligasi berkelanjutan I masih memiliki opsi untuk menerbitkan Rp 2,175 triliun. Sebab jika sukses pada tahun ini, BAF baru merilis Rp 1,325 triliun dari total opsi Rp 3,5 triliun. “Obligasi Berkelanjutan I Tahap III dan/atau tahap selanjutnya (jika ada) akan ditentukan kemudian,” jelas Direktur KSEI Syafruddin dalam rilis. 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.

  • INDEKS BERITA

Tag
  • PT Bussan Auto Finance (BAF)
  • bunga obligasi
  • emisi obligasi
  • Obligasi Berkelanjutan