Trump: Membuka kembali ekonomi AS adalah keputusan saya, bukan gubernur

Trump: Membuka kembali ekonomi AS adalah keputusan saya, bukan gubernur

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

– WASHINGTON. Presiden Donald Trump mengatakan, membuka kembali ekonomi Amerika Serikat (AS) saat pandemi virus corona merupakan keputusannya, bukan keputusan para gubernur.

“Ini adalah keputusan Presiden, dan untuk banyak alasan yang bagus. Untuk itu, pemerintah dan saya bekerjasama dengan Gubernur, dan ini akan berlanjut,” kicau Trump dalam akun Twitter, Senin (13/4).  

“Keputusan oleh saya, bersama dengan Gubernur dan masukan dari yang lain, akan dibuat segera!,” kata Trump seperti dikutip Reuters. Trump menuduh media telah salah melaporkan, bahwa membuka kembali ekonomi AS adalah keputusan gubernur.

Baca Juga: Presiden Putin: Wabah virus corona di Rusia semakin memburuk

Pejabat kesehatan AS telah merilis pedoman anti-virus corona termasuk jarak sosial dan kewajiban memakai masker. Pemerintahan Trump belum mengeluarkan rekomendasi nasional tentang penutupan sekolah atau menutup layanan publik dan bisnis.

Trump ingin membuka kembali ekonomi AS sesegera mungkin setelah wabah virus corona yang telah menewaskan hampir 22.000 orang negeri uak Sam dan membuat jutaan orang kehilangan pekerjaan.

Pakar hukum menyebutkan, Presiden AS memiliki kekuasaan yang sangat terbatas untuk memerintahkan warga kembali ke tempat kerja mereka, atau kota untuk membuka kembali gedung pemerintah, transportasi, atau bisnis lokal.


  • INDEKS BERITA