Uji coba di Laut Jepang, kapal fregat Rusia dipersenjatai rudal jelajah Kalibr-NK

Uji coba di Laut Jepang, kapal fregat Rusia dipersenjatai rudal jelajah Kalibr-NK

Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

– MOSKOW. Kapal fregat Admiral Shaposhnikov dari Armada Pasifik Rusia yang baru dipersenjatai dengan rudal jelajah Kalibr-NK berlayar pada Senin (19/100 ke Laut Jepang untuk tahap kedua uji coba laut.

“Di laut, kru bersama dengan tim akan mengecek pembangkit, roda kemudi, komunikasi, serta deteksi dan sistem navigasi. Uji kecepatan dan kemampuan manuver kapal juga akan diperiksa,” kata Armada Pasifik Rusia dalam pernyataan seperti dikutip TASS.

Kapal fregat Admiral Shaposhnikov yang menjalani modernisasi melaut untuk pertama kalinya guna melakoni uji coba laut pada 10 Juli lalu. Kapal perang tersebut akan bergabung kembali dengan Armada Pasifik akhir tahun ini.

Admiral Shaposhnikov bergabung dengan Angkatan Laut Rusia sebagai kapal perang anti-kapal selam. 

Baca Juga: Tsirkon, rudal hipersonik Rusia yang sukses terbang 8 kali kecepatan suara

Kapal perang ini ditingkatkan kemampuannya di Galangan Kapal Dalzavod di Vladivostok. Peningkatannya termasuk memasang peluncur untuk rudal Kalibr-NK dan Oniks, yang meningkatkan kemampuan tempurnya.

Rudal jelajah hulu ledak nuklir

Kalibr-NK adalah rudal jelajah yang memiliki daya jangkau hingga 1.500 km. Rudal ini mampu membawa hulu ledak konvensional seberat 450 kg atau nuklir 110-200 kT, dengan kecepatan terbang hingga 965 km per jam. 

Sedang Oniks ialah rudal jelajah dengan daya jangkau hingga 300 km. Rudal ini mampu membawa hulu ledak konvensional seberat 250 kg, dengan kecepatan Mach 2,6 atau 2,6 kecepatan suara (3.210 km per jam)

Selain kemampuan peperangan anti-kapal selam dan pertahanan udara, kapal perang tersebut mendapat persenjataan artileri canggih. Lalu, memperbaiki katup laut dan struktur lambung kapal serta memasang peralatan baru

Kelak, Admiral Shaposhnikov akan dipersenjatai dengan rudal hipersonik Tsirkon. 

Selanjutnya: Kazan, kapal selam nuklir tercanggih Rusia yang mematikan

 


  • INDEKS BERITA

Tag
  • Rusia
  • Kapal Perang
  • rudal hipersonik
  • Rudal Jelajah