Warren Buffett: Beli emas dan bersiap akan kehancuran pasar saham

Warren Buffett: Beli emas dan bersiap akan kehancuran pasar saham

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

– NEW YORK. Dalam keterbukaan informasi kinerjanya di kuartal 2 2020 pada Agustus lalu, Berkshire Hathaway milik Warren Buffett mengungkapkan bahwa Oracle dari Omaha membuat beberapa keputusan besar dengan portofolio investasinya. 

Artikel yang dilansir dari The Motley Fool lebih menyoroti pada investasi Buffett di Kanada yang diungkapkan dalam keterbukaan tersebut.

Diketahui, Warren Buffett membeli lima juta saham tambahan Suncor Energy untuk meningkatkan posisinya di raksasa sektor energi Kanada. Keterbukaan tersebut juga mengungkapkan Warren Buffett menjual seluruh sahamnya di Restaurant Brands International. Terakhir, Oracle of Omaha membuat langkah mengejutkan dengan berinvestasi besar-besaran di Barrick Gold.

Buffett membeli emas

Meskipun ketiga langkah tersebut mengejutkan investor, keputusan Warren Buffett untuk bertaruh pada emas adalah yang paling membingungkan bagi investor yang mengikuti karier investasinya dengan cermat. Bagi mereka yang mengetahui, Warren Buffett telah menikmati banyak kesuksesan sepanjang karirnya selama beberapa dekade tanpa pernah berinvestasi di logam kuning. Ini menjadi momen yang langka terjadi.

Baca Juga: 5 Rahasia Warren Buffett bisa hidup bahagia, sama sekali bukan harta!

The Motley Fool mengatakan, Warren Buffett telah memiliki kesan negatif terhadap emas. Warren Buffett menilai, emas tidak memiliki nilai riil selain industri perhiasan. Hingga pada akhirnya Warren Buffett membeli saham Barrick, dia tidak pernah berinvestasi di perusahaan tambang emas atau emas.

Di sisi lain, emas sangat dianggap sebagai aset safe-haven di seluruh dunia. Tampaknya investor legendaris mulai menanggalkan kesan negatifnya terhadap emas, karena itulah keputusan paling praktis yang harus dibuat. Warren Buffett mungkin memprediksi kehancuran pasar besar-besaran. Sehingga, bertaruh pada emas sangat ideal untuk memanfaatkan situasi yang terbaik.

Baca Juga: 3 Cara belajar efektif dan cepat dari Elon Musk, bisa untuk belajar banyak hal

Sejauh ini, investasi emas Warren Buffett tampaknya membuahkan hasil yang baik bagi Oracle Omaha. Harga emas telah melonjak karena turbulensi di pasar saham. Valuasi saham penambang emas mencapai ketinggian yang lebih tinggi, dan Barrick Gold mengungguli harga emas dan saham pertambangan emas lainnya.

Selanjutnya


  • INDEKS BERITA

Tag
  • Warren Buffett
  • saham warren buffett
  • investasi warren buffett
  • harga emas
  • Investasi Emas