Wow, berlian putih sangat langka laku terjual Rp 233 miliar dalam lelang online

Wow, berlian putih sangat langka laku terjual Rp 233 miliar dalam lelang online

Sumber: Channel News Asia | Editor: S.S. Kurniawan

– HONG KONG. Berlian putih tanpa cela 102 karat yang sangat langka terjual seharga US$ 15,7 juta atau sekitar Rp 233,3 miliar pada lelang online di Hong Kong, Senin (5/10) malam.

Digambarkan sebagai “benar-benar sempurna” oleh juru lelang Sotheby, berlian 102,39 karat itu “pergi” ke penawar via telepon yang tidak disebutkan namanya seharga HK$ 122 juta dalam lelang yang diadakan secara online karena pandemi virus corona baru.

“Pembeli berlian ini telah mendapatkan harga murah,” kata Tobias Kormind, Managing Director 77 Diamonds, gerai perhiasan online, seperti dilansir Channel News Asia.

Selama masa ketidakpastian ekonomi, Kormind mengatakan, “investor yang cerdas saat ini berusaha keras untuk memperoleh aset alternatif, tempat berlindung yang aman, seperti berlian, properti, dan emas”.

Baca Juga: Wow, Christie bakal lelang kerangka Tyrannosaurus Rex terbesar berusia 67 juta tahun

Hanya tujuh berlian putih lain yang lebih besar dari 100 karat dan dengan kualitas yang sama pernah berada di balai lelang.

Berlian itu dijual tanpa harga cadangan, yang berarti “pergi” ke penawar tertinggi dan tidak perlu memenuhi ambang batas minimum. Ini pertama kali dalam sejarah lelang, berlian sekaliber ini ditawarkan dengan cara itu.

Taktik ini bisa berisiko tetapi juga bisa menimbulkan desas-desus yang diharapkan penjual akan menaikkan harga akhir. Dalam kasus ini, langkah penjual adalah “keputusan berani yang bisa membuat orang terkejut,” menurut Kormind.

Berlian yang terbaik dari yang terbaik

Awalnya berlian kasar 271 karat, berlian putih itu ditemukan di Tambang Victor, Kanada yang ditutup pada 2018.

Baca Juga: Virus corona menurunkan minat dan harga investasi eksotis

“Berlian yang terbaik dari yang terbaik dalam hal berlian putih yang luar biasa dan sulit untuk melebih-lebihkan kelangkaan dan keindahannya,” kata Chairman Sotheby Gary Schuler menjelang lelang seperti dikutip Channel News Asia.

Pada November 2017, berlian terbesar yang pernah dilelang, dengan lebih dari 163,41 karat, terjual di Jenewa dengan harga lebih dari US$ 33,8 juta, termasuk biaya dan komisi, rekor global dalam kategori ini.

Tapi, itu bukan rekor keseluruhan untuk berlian. Pada April 2017, berlian merah muda raksasa “Pink Star” terjual seharga US$ 71,2 juta di balai lelang Sotheby di Hong Kong.

Selanjutnya: Berlian terbesar di dunia terjual US$ 53 juta

 


  • INDEKS BERITA

Tag
  • berlian
  • Lelang
  • Hong Kong