Airbnb Mewujudkan $10 Juta untuk 120 LSM di 6 Benua melalui Dana Komunitasnya yang Unik

Airbnb-Stock

(SeaPRwire) –   Pada Selasa, (NASDAQ: ABNB) mengumumkan sumbangan besar sebesar $10 juta kepada lebih dari 120 organisasi nirlaba yang tersebar di 44 negara di enam benua. Kontribusi terbaru ini merupakan bagian dari pendekatan khas Airbnb dalam mendistribusikan $100 juta melalui Dana Komunitas Airbnb.

Penerima hibah ini mencakup berbagai jenis organisasi, seperti Digify Africa, yang membantu partisipasi pemuda di ekonomi digital Afrika, Pusat Sumber Anjing Pelayanan Jepang, dan Atlanta Habitat for Humanity. Perlu dicatat, pemilihan kelompok-kelompok ini tidak dilakukan oleh Airbnb atau stafnya tetapi oleh tuan rumah yang mendaftarkan properti mereka di platform tersebut.

Dengan menjauh dari proses pengambilan keputusan filantropi konvensional, di mana eksekutif perusahaan atau karyawan biasanya memiliki suara, Airbnb memberdayakan tuan rumahnya untuk mempengaruhi distribusi dana. Meskipun beberapa perusahaan melibatkan karyawan dalam keputusan filantropi dengan menyamakan sumbangan mereka, Airbnb telah mengambil langkah unik dengan melepaskan kendali dana ke kelompok eksternal.

Janaye Ingram, Direktur Program Mitra Komunitas dan Keterlibatan Airbnb, menekankan perspektif modern perusahaan, menyatakan, “Airbnb memiliki pandangan perusahaan abad ke-21. Kami ingin melakukan hal-hal yang memberikan manfaat bagi semua pemangku kepentingan kami – karyawan kami, tuan rumah kami, tamu kami, komunitas di mana kami beroperasi, dan pemegang saham kami. Berkolaborasi dengan komunitas tuan rumah kami adalah cara penting bagi kami untuk berbagi keberhasilan dengan mereka.”

Sumbangan tersebut datang pada saat Airbnb melaporkan pendapatan sebesar $4,37 miliar pada kuartal ketiga 2023, termasuk manfaat pajak sekali jadi yang substansial. Dengan mendukung organisasi non-profit yang dihargai oleh tuan rumahnya, Airbnb bertujuan untuk menyalurkan lebih banyak dana ke organisasi yang berkontribusi terhadap kekuatan komunitas lokal.

Inisiatif ini tidak hanya memperkuat ikatan antara perusahaan dan tuan rumahnya tetapi juga menangani hubungan Airbnb yang kadang-kadang kontroversial dengan munisipalitas di mana perusahaan tersebut beroperasi. Dengan melibatkan tuan rumah dalam proses pengambilan keputusan, Airbnb berupaya memperkuat hubungannya dengan komunitas yang dilayani.

Brian Chesky, CEO Airbnb, telah menyatakan kesediaannya untuk berdialog dengan pejabat pemerintah, bahkan dalam pertemuan yang menantang, dengan menekankan pentingnya mendengarkan dan berusaha memahami perspektif. Saat ini, sekitar 90% dari 200 pasar teratas di mana Airbnb beroperasi memiliki peraturan yang mengatur sewa jangka pendek.

Nadia Giordani, tuan rumah berbasis Atlanta dan anggota Dewan Penasihat Tuan Rumah Airbnb, menganggap ini sebagai “kesempatan yang luar biasa” untuk berkontribusi kepada komunitas. Dewan Penasihat, yang didirikan pada tahun 2020, memainkan peran dalam membentuk kebijakan dan program. Rekomendasi organisasi non-profit disarankan dari pemimpin Klub Tuan Rumah Airbnb di seluruh dunia.

Peningkatan keterlibatan komunitas oleh Airbnb menyusul refleksi rasial setelah pembunuhan George Floyd pada tahun 2020. Perusahaan mencari masukan dari tuan rumah tentang pengalaman mereka di platform dan bisnis mereka. Tuan rumah Airbnb Nadia Giordani, yang sudah aktif dalam amal lokal, menghargai kesempatan untuk mempengaruhi di mana perusahaan mendonasikan dana di komunitasnya.

Giordani menekankan pentingnya menjadi pengelola komunitas, menyadari dampak signifikan yang dapat dicapai individu ketika bersatu. Menurut Chief Executives for Corporate Purpose, mengoordinasikan kepentingan berbagai pemangku kepentingan, seperti yang dilakukan Airbnb, dapat memperbesar dampak donor. Meskipun Airbnb sudah memiliki yayasan sendiri, Airbnb.org, yang berfokus pada penyediaan tempat tinggal bagi mereka yang terdampak bencana atau perang, Dana Komunitas Airbnb beroperasi secara independen, memastikan kebutuhan khusus komunitas dipenuhi.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.