Amazon Mencapai Rekor Tertinggi Baru Setelah Satu Tahun Berkendaraan Efisiensi Diam-diam

Amazon Stock

(SeaPRwire) –   Saham (NASDAQ:AMZN) mencapai titik tertinggi baru, menandai puncak dua tahun setelah perusahaan menyampaikan hasil Q4 yang impresif. Performa kuat raksasa teknologi ini menggemakan tren yang terlihat pada sesama anggota FAANG Meta Platforms (NASDAQ:META), yang juga mengalami peningkatan saham, sementara Apple (NASDAQ:AAPL) menghadapi penurunan saham karena pendapatan yang kurang dari yang diharapkan.

Berbeda dengan Meta Platforms, yang secara terbuka mendeklarasikan tahun 2023 sebagai “tahun efisiensi” dengan langkah-langkah pemotongan biaya yang substansial, tahun lalu menyaksikan tema umum pengetatan ikat pinggang di perusahaan teknologi besar. CFO Amazon, Brian Olsavsky, menekankan bahwa meskipun tahun 2024 tidak akan secara resmi dicap sebagai “tahun yang berfokus pada efisiensi,” perusahaan tetap berkomitmen pada pengurangan biaya yang sedang berlangsung. Olsavsky menyatakan, “Di mana kita dapat menemukan efisiensi dan melakukan lebih banyak dengan lebih sedikit, kita akan melakukan itu juga.”

Laporan Pendapatan Q4 Amazon

Amazon melaporkan laba bersih yang luar biasa sebesar $10,6 miliar pada Q4, melampaui rekor kuartal sebelumnya sebesar $9,9 miliar. Pendapatan operasional Q4 perusahaan melonjak hingga $13,2 miliar, hampir lima kali lebih tinggi dari kuartal yang sama tahun lalu dan melampaui panduannya lebih dari $2,2 miliar. Pendapatan operasional setahun penuh sebesar $36,9 miliar, lebih dari tiga kali lipat dari angka yang dilaporkan pada tahun 2022.

Dalam perubahan haluan yang signifikan, Amazon menghasilkan arus kas bebas sebesar $36,8 miliar pada tahun 2023, peningkatan yang signifikan dari arus kas bebas negatif sebesar $11,6 miliar pada tahun sebelumnya. Perubahan positif ini mengikuti investasi besar-besaran dalam perluasan kapasitas untuk memenuhi peningkatan permintaan.

Panduan Amazon untuk Masa Depan

Amazon mengantisipasi pendapatan Q1 berkisar antara $138 miliar dan $143,5 miliar, menunjukkan pertumbuhan tahun-ke-tahun antara 8% dan 13%. Perusahaan memproyeksikan pendapatan operasional antara $8 miliar dan $12 miliar untuk Q1, jauh lebih tinggi dari $4,8 miliar yang dilaporkan pada Q1 2023. Meskipun keuangannya mengesankan, Olsavsky menekankan strategi investasi yang hati-hati dan tidak mengesampingkan kemungkinan PHK, yang mencerminkan komitmen perusahaan untuk mengoptimalkan efisiensi.

Optimisme Analis dan Prakiraan Saham

Analis, yang secara khusus optimis pada saham Amazon di antara saham FAANG sebelum rilis pendapatan, telah melihat optimisme mereka divalidasi. Saham Amazon telah melonjak lebih dari 6,7% setelah pengumuman tersebut, mendekati level tertinggi sepanjang masa $188,65 yang ditetapkan pada Juli 2021. Harga target rata-rata $182,95 menunjukkan potensi peningkatan 15% dari harga penutupan hari sebelumnya, dengan target rendah $123 dan target tinggi $230. Pendapatan dan panduan yang kuat dapat mendorong penyesuaian lebih lanjut pada harga target saham.

Mengapa Rally Amazon Berlanjut

Sementara fokus Amazon pada pemotongan biaya dan efisiensi mendukung hasil akhirnya, stabilisasi pertumbuhan pendapatan juga menjadi faktor kunci dalam reli saham yang sedang berlangsung. Bahkan Amazon Web Services (AWS), yang mengalami penurunan pertumbuhan pendapatan pada kuartal terakhir, melaporkan peningkatan YoY sebesar 13%, melampaui kuartal sebelumnya yang terendah di angka 12%. Perusahaan mengaitkan pertumbuhan AWS yang melambat dengan optimalisasi biaya di sisi pelanggan, dan menyatakan optimisme tentang prospek masa depannya.

CEO Amazon, Andy Jassy, menyoroti AI generatif sebagai pendorong pertumbuhan jangka panjang yang penting, dan mengantisipasi AI ini menyumbang puluhan miliar dolar terhadap pendapatan perusahaan di tahun-tahun mendatang. Pengenalan Rufus, asisten belanja AI generatif, diharapkan dapat meningkatkan tingkat konversi melalui rekomendasi produk yang lebih baik. Dengan prospek yang kuat dan berbagai katalis pertumbuhan, reli saham Amazon akan terus berlanjut, yang berpotensi mencapai titik tertinggi baru sepanjang tahun ini.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.