Amgen Mencatat Kenaikan Laba Kuartalan Sebesar 15% Berkat Peningkatan dari Kesepakatan Horizon

Amgen Stock

(SeaPRwire) –   (NASDAQ:AMGN) pada hari Selasa mengumumkan peningkatan sebesar 15% dalam laba yang disesuaikan pada kuartal keempat, didorong oleh peningkatan 20% dalam pendapatan yang diatribusikan pada akuisisi Horizon Therapeutics, produsen obat penyakit langka oleh perusahaan pada bulan Oktober. Pendapatan kuartal mencapai $8,2 miliar, sedikit melampaui taksiran analis sebesar $8,1 miliar, berdasarkan data LSEG.

Tidak termasuk obat-obatan Horizon, Amgen mencatat pertumbuhan penjualan produk sebesar 5% dari tahun ke tahun, didorong oleh kenaikan volume sebesar 9%, meskipun sebagian diimbangi oleh harga jual bersih yang lebih rendah. Meskipun turun 2% dalam perdagangan reguler pada hari Selasa yang ditutup pada $316,07, saham Amgen hanya mengalami sedikit penurunan menjadi $315 setelah jam perdagangan.

Pendapatan per saham yang disesuaikan naik menjadi $4,71 dari $4,09 pada tahun sebelumnya, melampaui taksiran analis sebesar $4,61. Untuk tahun penuh 2024, perusahaan mengantisipasi pendapatan per saham yang disesuaikan berkisar antara $18,90 hingga $20,30 dengan pendapatan sebesar $32,4 miliar hingga $33,8 miliar, sedikit berbeda dari proyeksi analis yaitu $20,02 per saham dan pendapatan sebesar $32,7 miliar.

Analis Jefferies, Michael Yee menyatakan kepuasan dengan arahan tersebut, menyatakan bahwa hal ini sejalan dengan ekspektasi konsensus. Chief Financial Officer Amgen, Peter Griffith mengaitkan prospek tersebut dengan dimasukkannya Horizon dan mengantisipasi pertumbuhan yang didorong oleh volume penjualan obat di seluruh dunia.

Prolia, obat osteoporosis, memimpin penjualan produk kuartalan dengan peningkatan 12% menjadi $1,1 miliar, sementara penjualan obat artritis reumatoid Enbrel menurun sebesar 8% menjadi lebih dari $1 miliar.

Akuisisi Horizon oleh Amgen, yang bernilai $27,8 miliar, diselesaikan setelah Komisi Perdagangan Federal AS mencabut penolakannya, bergantung pada Amgen yang menahan diri dari penggunaan taktik anti persaingan.

Setelah akuisisi, Amgen melaporkan angka penjualan untuk Tepezza, obat penyakit mata tiroid Horizon, dengan total $448 juta, dan untuk Krystexxa, obat asam urat, dengan total $272 juta antara 6 Oktober dan akhir tahun.

Amgen menegaskan kembali kemajuannya dengan obat obesitas oral eksperimental AMG786, mengharapkan untuk melaporkan data uji coba manusia pertama pada paruh pertama tahun ini, dan mengantisipasi hasil dari uji coba tahap menengah kandidat penurunan berat badan suntik utamanya, MariTide, di kemudian tahun ini.

CEO Amgen, Robert Bradway menyoroti fokus perusahaan pada pencapaian besar dalam hal saluran pada tahun 2024. Selain itu, Amgen mengumumkan rencana untuk membeli kembali tidak lebih dari $500 juta dari sahamnya tahun ini, menekankan komitmennya pada tujuan deleveraging.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.