Angelina Jolie Sutradarai Film Fotografer Perang

 

AKTRIS Angelina Jolie, 45, mengumumkan dirinya akan menyutradarai film biopik jurnalis foto perang asal Inggris Don McCullin. Film yang diberi judul Unreasonable Behaviour itu didasarkan pada autobiografi nya yang terkenal dengan judul yang sama.

“Saya dengan rendah hati memiliki kesempatan untuk membawa kehidupan Don McCullin ke film,” ujar pemeran Lara Croft di Tomb Raider itu seperti dilansir Variety, kemarin.

Jolie mengaku tertarik pada kombinasi unik dari keberanian dan rasa kemanusiaan yang ditunjukkan McCullin. Jurnalis foto asal Inggris yang memulai kariernya pada periode 1990-an itu dinilai sukses mempersembahkan kejujuran dalam perang.

Di sisi lain, imbuh Jolie, McCullin tetap menunjukkan empati serta rasa hormatnya kepada mereka yang menderita karena akibat perang. “Kami berharap bisa membuat film yang sama tanpa kompromi dengan fotografi McCullin, tentang orang-orang dan peristiwa luar biasa yang dia saksikan, dan naik-turunnya era unik dalam jurnalisme,” kata Jolie melanjutkan.

Unreasonable Behaviour diproduksi Tom Hardy dan Dean Baker di bawah bendera Hardy Son & Baker (Taboo) bersama Tim Bevan dan
Eric Fellner (Darkest Hour) dari Working Title Films, sedangkan McCullin dan Mark George akan bertindak sebagai produser eksekutif.

Dalam skenario yang digarap peraih nominasi BAFTA, Gregory Burke, film ini akan menceritakan perjalanan hidup fotografer perang Don McCullin di beberapa zona perang paling berbahaya di dunia.

Mendapat pengakuan

Tangan dingin Jolie sebagai sutradara mendapat pengakuan langsung McCullin yang sangat senang karena film biopik Unreasonable  Behavior tentang hidupnya itu, disutradarai eks istri aktor Brad Pitt itu.

Pasalnya, McCullin mengaku sangat terkesan dengan film yang pernah digarap Jolie, yakni First They Killed My Father (2017) yang bercerita perang di Vietnam, tempat McCullin juga pernah berada di sana. Menurutnya, Jolie memberikan gambaran yang akurat tentang tempat kejadian. “Saya merasa seolah-olah berada di tangan yang aman, cakap, dan profesional bersamanya,” kata McCullin.

Dikenal sebagai aktris dengan bayaran tertinggi, Jolie membuat debut sutradaranya di film In the Land of Blood and Honey (2011), Unbroken (2014), By the Sea (2015), dan First They Killed My Father (2017). Film First They Killed My Father mendapat penghargaan dari ASC Award pada 2018.

Tidak hanya moncer di industri film, Jolie juga dikenal sebagai aktivis kemanusiaan. Ia pernah meraih Jean Hersholt Humanitarian Award dan penghargaan kehormatan Order of St Michael and St George (DCMG). Jolie juga didapuk sebagai Duta Istimewa untuk Komisioner Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi (United Nations High Commissioner for Refugees/UNHCR).

Selepas perpisahannya dengan suaminya, Brad Pitt, Jolie menjadi single parent dan tetap memprioritaskan anak-anaknya. Tiga dari 6 anaknya diadopsi dari Kamboja, Vietnam, dan Ethiopia. (Ant/H-2)