Apakah Meta Platforms Akan Membagi Sahamnya pada 2024 ketika Sahamnya Mendekati USD500?

Saham Meta

(SeaPRwire) –   Dengan keuntungan hampir 32% tahun-ke-tahun, Meta Platform (NASDAQ:META) menonjol sebagai saham FAANG yang berkinerja terbaik tahun 2024. Ini saat ini berada di antara lima saham teratas pada Indeks S&P 500 ($SPX) dan telah melanjutkan dari tahun sebelumnya. Sementara Meta menikmati gelombang kinerja, tren yang lebih luas di antara saham FAANG masih relatif konsisten, dengan Apple kembali muncul sebagai pemain yang paling lemah pada grup tersebut.

Antara tahun 2020 dan awal 2022, beberapa raksasa teknologi, termasuk Apple (NASDAQ:AAPL), Nvidia (NASDAQ:NVDA), Amazon (NASDAQ:AMZN), Alphabet (NASDAQ:GOOG), dan Tesla (NASDAQ:TSLA), mengumumkan pemisahan saham di tengah reli signifikan pada harga saham mereka. Sebaliknya, tahun 2022 menyaksikan penurunan untuk para raksasa teknologi, tanpa perpecahan saham besar yang terjadi. Namun, karena saham teknologi, terutama “Magnificent 7” yang dipantau secara ketat, pulih pada tahun 2023, para investor mulai berspekulasi sekali lagi tentang kemungkinan perpecahan saham mega-cap.

Pertanyaan yang muncul sekarang: Apakah Meta Platforms akan memilih pemisahan saham pada tahun 2024 karena terus mencapai rekor tertinggi baru? Mari kita bahas.

Rekor Tertinggi Pasca Penghasilan Q4

Setelah laporan pendapatan Q4, Meta Platforms menunjukkan kinerja yang mengesankan, dengan peningkatan pendapatan sebesar 25%, menandai tingkat pertumbuhan tertinggi sejak pertengahan tahun 2021. Lebih lagi, pendapatan bersih perusahaan meningkat lebih dari tiga kali lipat, didorong oleh fokus pada efisiensi dan langkah-langkah pemotongan biaya yang agresif. Panduan pendapatan Meta untuk Q1 sebesar $34,5 miliar hingga $37 miliar melebihi ekspektasi analis sebesar $33,8 miliar.

Dalam pencapaian bersejarah, Meta Platforms mencetak rekor baru Wall Street karena rali pasca pendapatannya mendorong kenaikan kapitalisasi pasarnya sebesar $196 miliar, yang pertama bagi perusahaan mana pun di AS. Navigasi Meta yang tepat terhadap faktor-faktor ekonomi makro yang merugikan berbeda dengan upaya Alphabet yang sedang berlangsung untuk menghilangkan persepsi tertinggal di sektor kecerdasan buatan (AI).

Dengan kapitalisasi pasar sekitar $1,2 triliun, Meta Platforms telah mencapai kembali kapitalisasi pasar $1 triliun dan berdiri sebagai satu-satunya konstituen FAANG yang mencapai rekor tertinggi baru pasca pendapatan. Sementara Netflix (NFLX) dan Amazon juga mengalami lonjakan setelah hasil Q4 masing-masing, mereka tetap berada di bawah rekor tertinggi 2021.

Sejarah Pemisahan Saham Meta dan Kemungkinan Pemisahan pada tahun 2024

Sejak IPO-nya pada tanggal 18 Mei 2012, Meta Platforms tidak pernah membagi sahamnya, tidak seperti rekan-rekan FAANG-nya yang telah mengalami beberapa pemisahan selama bertahun-tahun. Keputusan untuk membagi saham biasanya muncul ketika harga saham dianggap mahal atau tidak terjangkau oleh investor ritel, yang bertujuan untuk meningkatkan likuiditas dengan membuat saham lebih mudah diakses.

Meskipun tidak ada penyebutan pemisahan saham selama panggilan pendapatan Meta baru-baru ini, investor berspekulasi tentang kemungkinan pengumuman karena saham mendekati angka $500. Meta berada pada peringkat kedua sebagai saham FAANG termahal berdasarkan harga saham absolut, yang mendorong keinginan investor untuk melakukan pemisahan.

Saat Meta melanjutkan lintasannya ke atas, analis Wall Street telah menyesuaikan target harga mereka. Justin Patterson dari KeyBanc menaikkan target harganya ke tertinggi di Street sebesar $575, sementara Gene Munster dari Deepwater Asset Management secara tidak resmi menetapkan target harga $700, memprediksi kenaikan 50% selama dua tahun ke depan.

Kesimpulan

Meskipun dewan Meta mungkin tidak mengumumkan pemisahan saham pada tahun 2024, kemungkinan tetap tinggi karena nilai saham melonjak. Potensi pemisahan dapat lebih mendorong reli Meta yang luar biasa, terutama jika harga sahamnya melampaui empat angka, sehingga perlu dipertimbangkan oleh pimpinan perusahaan.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.