Batam Dorong Pemulihan Ekonomi Nasional

 

KEMENTERIAN Koordinator Bidang Perekonomian optimistis kawasan Batam dapat menjadi pendorong pemulihan ekonomi nasional pada masa pandemi covid-19.

Sesmenko Perekonomian Susiwijono Moegiarso menegaskan hal itu dalam webinar bertajuk Kesiapan Batam Menghadapi Industrialisasi dan Investasi Asing, kemarin.

Webinar itu juga menghadirkan Kepala BP Batam Muhammad Rudi, Ketua Kadin Indonesia untuk Singapura Michael Goutama, dan Presiden Direktur PT Satu Nusapersada Tbk Abidin Hasibuan sebagai narasumber, serta Direktur Pemberitaan Media Indonesia Usman Kansong selaku moderator.

Susiwijono mengatakan Batam memiliki peran penting pada masa pandemi ini. Kontribusi Batam pada ekonomi menjadi lebih strategis. Apalagi, berdasarkan data, investasi di Batam relatif baik saat ini.

“Di tengah masa pandemi, kita bersyukur ada pemulihan investasi di Batam,” kata dia.

Ketua Kadin Komite Singapura, Michael Gautama, juga menyatakan optimismenya akan pemulihan ekonomi di Batam. Menurut dia, perang dagang antara Tiongkok dan AS menguntungkan Batam secara ekonomi dan politik. “Yang perlu dilakukan ialah menyampaikan ke investor, bahwa Batam sudah berubah. Indonesia berubah,” kata dia.

Penanam modal perlu diyakinkan bahwa sekarang sudah tidak ada lagi tindakan premanisme dan penegakan hukum sudah meningkat.

Kepala BP Batam Muhammad Rudi menyampaikan pihaknya terus berkomitmen mendukung investasi. “Kalau ada kendala apa pun, hubungi kami. Kami turun sendiri: saya, wakil, dan deputi. Investasi akan disambut,” kata dia.

Ia menyatakan, saat ini investasi di Batam sudah melebihi target yang ditetapkan meski pandemi sedang melanda dunia. Oleh karena itu, dia mengajak penanam modal untuk berinvestasi di kota itu.

Pengusaha daerah setempat, Abidin Hasibuan, juga menyampaikan optimisme perbaikan ekonomi di kota kepulauan yang berseberangan dengan Singapura itu. (Bus/Ant/X-10)