Bundesliga akan Bergulir Kembali Awal Mei

 

KOMPETISI sepak bola Jerman (Bundesliga) yang saat ini terhenti akibat pandemi Covid-19, direncanakan akan kembali digulirkan pada awal Mei mendatang. Pertandingan akan digelar tertutup alias tanpa penonton.
    
Hal itu diungkapkan CEO German Football League (DFL) Christian Seifert, Rabu (8/4). "Kita (sepak bola) adalah bagian dari budaya penting di Jerman. Masyarakat sudah tidak sabar untuk kembali merasakan kehidupan normal dan itu artinya Bundesliga akan digelar lagi," jelas Seifert.

Kompetisi Bundesliga dan Bundesliga 2 dihentikan hingga 30 April mendatang. Seifert memperkirakan pandemi Covid-19 yang membuat musim kompetisi 2019/2020 dihentikan membuat lima klub Bundesligha terancam mengalami masalah finansial yang serius. Sedangkan separuh klub yang kini bermain di Bunderliga 2, terancam mengalami kebangkrutan.

Bundesliga Jerman, yang memiliki rata-rata jumlah penonton di stadion tertinggi di antara semua liga-liga di Eropa, bakal menjelma menjadi hiburan layar kaca semata. Hal itu kemungkinan akan terjadi hingga akhir 2020," jelas Seifert.

Ia juga memperkirakan pendemi Covid-19 akan berdampak pada bursa transfer pemain di awal musim nanti. Bahkan, ia menyebut pasar transfer musim panas ini tidak akan ada. (AFP/R-1)