Cuaca Ekstrem Potensial Landa Sumbar Sepekan ke Depan

 

SEJUMLAH wilayah di Indonesia termasuk Sumatra Barat berpotensi terjadi cuaca esktrem dalam sepekan ke depan. Peringatan dini tersebut dikeluarkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) agar masyarakat mewaspadainya.

Guswanto selaku Deputi Bidang Meteorologi BMKG mengatakan, peringatan dini waspada cuaca ekstrem ini dikeluarkan berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer yang terjadi. Beberapa dinamika atmosfer yang berpengaruh terhadap cuaca ekstrem sepekan mendatang, antara lain fenomena La Nina, fenomena MJO, dan gelombang Kelvin, bibit siklon tropis.

"Secara tidak langsung keberadaan bibit siklon tersebut dapat berkontribusi cukup signifikan terhadap peningkatan labilitas atmosfer dan pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah Indonesia," paparnya.

Selain berpengaruh terhadap pertumbuhan awan hujan, bibit siklon tropis juga dapat mendorong peningkatan kecepatan angin. Ini akan berdampak pada peningkatan ketinggian gelombang atau potensi gelombang tinggi di sebagian wilayah perairan Indonesia.

"Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan terdapat potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat-sangat lebat, angin kencang, dan gelombang tinggi dalam periode sepekan ke depan di sebagian wilayah Indonesia," ungkapnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem, di antaranya hujan lebat-sangat lebat yang dapat disertai kilat atau petir, angin kencang, dan gelombang tinggi.

"Selain itu, masyarakat juga diharapkan waspada dampak terhadap bencana hidrometeorologi yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, dan pohon tumbang. (OL-14)