Daerah Siap Vaksinasi

 

WALI Kota Banjarmasin Ibnu Sina menyatakan siap menjadi orang pertama menjalani vaksinasi covid-19. Jumlah kasus positif virus korona di Kalimantan Selatan terus bertambah
dan sudah mencapai angka 15.591 kasus dengan jumlah penderita meninggal dunia sebanyak 593 orang.

“Jika pemimpin mencontohkan seperti halnya Presiden, kami juga siap divaksinasi,” tuturnya, kemarin.

Ibnu Sina mengatakan pemerintah harus memberi rasa aman dan nyaman terhadap warga untuk siap divaksinasi covid-19 sehingga tidak ada kecurigaan. Kehadiran vaksin ini diharapkan menjadi solusi mengatasi pandemi virus korona yang terus meningkat di Kalsel termasuk Kota Banjarmasin.

Hal serupa juga dilontarkan Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno yang menyatakan siap mendapatkan suntikan vaksin perdana di Sumbar. Ia dijadwalkan menerima suntikan 14 Januari, selang sehari setelah Presiden RI Joko Widodo mendapatkan suntikan vaksin pertama di Indonesia.

“Tadi rapat dipimpin Mendagri, salah satu instruksinya ialah pelaksanaan pemberian vaksin tingkat nasional ditandai dengan pemberian vaksin kepada Presiden dan 9 orang lainnya pada 13 Januari.

Kalau di tingkat provinsi dilakukan pada 14 Januari,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Sumbar Jasman Rizal.

Sementara itu, dari Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pemerintah setempat menyiapkan 41 fasilitas kesehatan untuk digunakan dalam pelaksanaan vaksinasi covid-19. Fasilitas kesehatan itu ialah 37 puskesmas dan 4 rumah sakit.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis Bayu Yudiawan mengatakan pihaknya telah mengajukan 3.800 nakes untuk mendapatkan vaksinasi.

Berdasarkan data dari Satgas Covid-19 Ciamis, kasus terkonfi rmasi positif berjumlah 1.229 orang, di antaranya 645 orang sembuh, 478 pasien isolasi mandiri, 58 pasien mendapat perawatan tim medis, dan 48 orang meninggal dunia. (DY/YH/AD/J-1)