Dembele Akhiri Paceklik Gol, Prancis Tekuk Kazakhstan

 

OUSMANE Dembele menyumbangkan satu gol saat Prancis mengatasi Kazakhstan 2-0 dalam laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa Grup D di Stadion Astana Arena, Minggu (28/3).

Dembele mencetak gol ke gawang tuan rumah pada menit ke-19, untuk membuka keunggulan Prancis, setelah menerima umpan sodoran Anthony Martial sebelum melepaskan tembakan menyilang yang tidak mampu diantisipasi kiper Alexandr Mokin.

Gol itu merupakan gol ketiga Dembele untuk timnas Prancis sekaligus gol pertama dalam laga kompetitif. Terakhir kali Dembele mencetak gol untuk Prancis dalam pertandingan persahabatan kontra Italia pada 1 Juni 2018 silam.

Baca juga: Hadapi Serbia, Wasit Minta Maaf Tidak Sahkan Gol Ronaldo

Kemenangan Prancis dilengkapi semenit jelang turun minum ketika bek Sergiy Mally mencetak gol bunuh diri saat berusaha menyapu situasi sepak pojok, alih-alih ia menyundul bola ke gawangnya sendiri.

Tiga menit memasuki babak kedua, Antoine Griezmann menjebol gawang Kazakshtan lagi, tetapi kali ini gol itu dianulir karena hakim garis sudah mengangkat bendera pertanda offside.

Kendati kalah 0-2, Mokin patut berbangga atas penampilannya di laga kali ini setelah ia mengamankan sundulan Dembele dan sepakan sudut sempit Kylian Mbappe.

Lantas pada menit ke-75, Mokin juga berhasil mementahkan eksekusi penalti Mbappe demi menjaga marjin kekalahan Kazakhstan tidak lebih telak dari 0-2 saat peluit tanda laga usai berbunyi.

Kemenangan atas Kazakhstan itu membawa Prancis naik ke puncak klasemen sementara Grup D dengan raihan empat poin, sedangkan Kazakhstan yang nirpoin tertahan sebagai juru kunci.

Kedua tim akan tampil dalam laga ketiga Grup D yang dijadwalkan berlangsung Rabu (31/3) saat Prancis bertandang ke Bosnia-Herzegovina dan Kazakhstan melawat ke Ukraina. (Ant/OL-1)