Dewan Minta Pemprov Kebut Pembebasan Lahan

 

APBD Perubahan 2020 akan segera disahkan. Menurut rencana, APBD Perubahan 2020 akan memiliki pagu sebesar Rp63,23 triliun. “Anggaran ini naik dari total APBD 2020 setelah refocusing,” kata Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono saat dihubungi, Sabtu (31/10).

Sebelumnya, APBD 2020 DKI Jakarta ialah Rp87 triliun. Namun, karena pandemi covid-19, Pemprov DKI melakukan realokasi (refocusing)
anggaran sehingga jumlahnya pun menyusut menjadi Rp51 triliun. “Kemudian karena ada proyeksi kenaikan pendapatan di masa PSBB transisi, APBD berubah lagi menjadi Rp60 triliun,” kata Mujiyono.

Mulanya, terang dia, Pemprov DKI mengajukan pagu APBD Perubahan 2020 sebesar Rp64 triliun. Akan tetapi, karena ada defisit, pada
pembahasan di Badan Anggaran DPRD, pagunya ditetapkan menjadi Rp63,23 triliun. Pagu ini su- dah termasuk dana pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional(PEN) kepada daerah dari pemerintah pusat Rp3,5 triliun.

Dalam waktu yang tersisa hanya dua bulan ini, Mujiyono meminta Pemprov DKI fokus pada pembebasan lahan karena hanya pos tersebut yang masih bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. “Kalau pengadaan dengan tender kan enggak bisa,” tukasnya. (Put/J-2)