Gajian Pekerja AS Turun, Mendorongpertimbangan Federal

Federal Reserve

(SeaPRwire) –   Pada akhir tahun sebelumnya, pertumbuhan upah dan tunjangan pekerja Amerika melambat, menandai laju paling lambat dalam dua setengah tahun. Tren ini mungkin penting bagi pertimbangan Federal Reserve tentang kapan akan memulai pemotongan suku bunga.

Menurut , kompensasi meningkat 0,9% pada kuartal Oktober-Desember, turun dari kenaikan 1,1% pada kuartal sebelumnya. Dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun sebelumnya, pertumbuhan kompensasi melambat dari 4,3% menjadi 4,2%.

Sementara kenaikan upah dan tunjangan secara umum tetap sehat, pelambatan ini dapat berkontribusi pada moderasi inflasi, sebuah perkembangan yang mungkin disambut baik oleh pembuat kebijakan Federal Reserve. Meskipun ada ekspektasi bahwa Fed akan mempertahankan suku bunga jangka pendek utamanya setelah pertemuan kebijakan terbaru, ada spekulasi bahwa Fed mungkin memberi sinyal kecenderungan untuk memangkas suku bunga di kemudian hari.

James Knightley, kepala ekonom internasional untuk bank Eropa ING, menyatakan, “Bukan berita bagus untuk gaji kami, tapi berita bagus untuk inflasi dan prospek pemotongan suku bunga yang berarti” oleh Fed.

Meskipun telah mengindikasikan niat untuk menurunkan suku bunga acuannya di tahun mendatang, waktu keputusan ini masih belum pasti, sangat dinantikan oleh investor dan bisnis. Kenaikan upah yang lambat berpotensi membuat Fed lebih setuju untuk memangkas suku bunga paling cepat pada bulan Maret, meskipun sebagian besar memperkirakan pemotongan awal terjadi pada bulan Mei atau Juni.

Pengurangan suku bunga Fed biasanya menyebabkan penurunan biaya hipotek, pinjaman mobil, suku bunga kartu kredit, dan pinjaman bisnis.

Laju pertumbuhan kompensasi pekerja secara signifikan memengaruhi biaya tenaga kerja bisnis. Kenaikan gaji yang cepat dapat menyebabkan biaya tenaga kerja yang lebih tinggi bagi perusahaan, mendorong mereka untuk menaikkan harga. Siklus ini berpotensi mempertahankan inflasi, faktor yang dipertimbangkan oleh Fed dalam menentukan kapan harus menyesuaikan suku bunga acuannya yang berpengaruh.

Meskipun upah tumbuh pada kecepatan yang cepat secara historis, rata-rata, sejak awal pandemi, perekrutan baru-baru ini melambat, mendekati level yang terlihat sebelum krisis kesehatan global. Perolehan pekerjaan yang moderat telah mengurangi tekanan pada perusahaan untuk menawarkan kenaikan gaji yang substansial.

Employment Cost Index (ECI) sangat penting bagi Federal Reserve karena mengukur perubahan upah dan tunjangan untuk sampel pekerjaan yang sama. Ini membedakannya dari ukuran lain, seperti upah per jam rata-rata, yang mungkin dipengaruhi secara artifisial oleh faktor-faktor seperti PHK yang meluas di antara pekerja bergaji rendah.

Bahkan dengan perlambatan kenaikan upah, inflasi juga menurun, menghasilkan peningkatan keuntungan upah bagi warga Amerika setelah disesuaikan dengan kenaikan harga. Memasukkan inflasi, upah naik 0,9% pada kuartal keempat tahun sebelumnya dibandingkan tahun sebelumnya, naik dari kenaikan tahunan 0,6% pada kuartal sebelumnya.

Puncak pertumbuhan upah dan tunjangan, yang diukur dengan ECI, terjadi pada 5,1% pada musim gugur 2022. Namun, selama periode tersebut, inflasi meningkat lebih cepat daripada sekarang, sehingga mengurangi daya beli secara keseluruhan warga Amerika. Tujuan Fed adalah untuk mengekang inflasi sehingga kenaikan upah yang lebih kecil pun dapat diubah menjadi keuntungan pendapatan yang disesuaikan dengan inflasi.

Artikel ini disediakan oleh penyedia konten pihak ketiga. SeaPRwire (https://www.seaprwire.com/) tidak memberikan jaminan atau pernyataan sehubungan dengan hal tersebut.

Sektor: Top Story, Daily News

SeaPRwire menyediakan distribusi siaran pers real-time untuk perusahaan dan lembaga, menjangkau lebih dari 6.500 toko media, 86.000 editor dan jurnalis, dan 3,5 juta desktop profesional di 90 negara. SeaPRwire mendukung distribusi siaran pers dalam bahasa Inggris, Korea, Jepang, Arab, Cina Sederhana, Cina Tradisional, Vietnam, Thailand, Indonesia, Melayu, Jerman, Rusia, Prancis, Spanyol, Portugis dan bahasa lainnya.