Gladbach Pesta Gol ke Gawang Shakhtar

 

BORUSSIA Moenchengladbach mencetak enam gol tanpa balas ke gawang Shakhtar Donetsk pada pertandingan ketiga Grup B Liga Champions di Stadion NSK Olimpiyskiy, Kiev, Rabu (4/11) dini hari WIB.

Kemenangan itu membawa Gladbach memuncaki klasemen grup dengan koleksi lima poin dan selisih enam gol sedangkan Shakhtar menduduki posisi
kedua dengan koleksi empat poin sebelum laga antara Real Madrid melawan Inter Milan dimainkan.

Gol Alassane Plea pada menit ke-8 membuka keunggulan Gladbach, disusul tiga gol lain pada babak pertama dari gol bunuh diri Valeriy Bondar pada menit ke-17, gol Plea pada menit 26, dan Ramy Bensebaini pada menit 44.

Baca juga: Laga Wajib Menang Barca

Lars Stindl pada menit ke-65 turut menyumbang gol pada babak kedua, sebelum Plea melengkapi hattricknya pada menit ke-78.

Gladbach tampil agresif sejak awal dan membuka keunggulan melalui Plea yang diawali pergerakan Stefan Lainer di sisi kanan yang kemudian
bergerak memotong dan mengirimkan umpan tarik mendatar untuk diteruskan Plea ke sudut jauh gawang.

Gawang Shakhtar kembali kemasukan pada pertengahan babak pertama dari gol bunuh diri yang berawal ketika Christoph Kramer melepaskan tembakan mendatar yang terbelokkan Valeriy Bondar untuk memperdaya kiper Anatoli Rubin.

Unggul dua gol tidak membuat tim Bundesliga itu mengendurkan serangan. Mereka mendapatkan gol ketiganya tidak lama kemudian. Plea memulai pergerakan dengan menekan pemain lawan dan menyelesaikannya dengan memanfaatkan umpan Lars Stindl untuk mengarahkan bola ke sudut atas gawang tuan rumah.

Menjelang turun minum, Gladbach unggul 4-0 atas Shakhtar. Bensebaini berduel di udara untuk mengejar bola tendangan sudut dan ketika pengawalnya Bondar berusaha menyapu bola, dia bereaksi lebih cepat untuk menceploskan bola ke gawang Trubin.

Gladbach memulai babak kedua dengan tempo lebih pelan namun masih menekan dan membiarkan Shakhtar lebih banyak menguasai bola.

Meski demikian, hal itu tidak mencegah Gladbach mendapatkan gol kelima. Plea mengoperkan bola kepada Stindl yang berada di tengah kotak penalti dan melepaskan sepakan mendatar tanpa bisa dihentikan Trubin.

Mereka bahkan masih mampu mengemas gol keenamnya melalui gol ketiga Plea. Dia dengan mudah menerima operan Marcus Thuram di dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan masuk ke gawang tuan rumah. (Ant/OL-1)