Grand Prix Eifel Dibayangi Cuaca Buruk

FEDERASI Otomotif Internasional (FIA) menyiapkan rencana cadangan terhadap Grand Prix Eifel, Jerman, yang berlangsung akhir pekan ini. Mengingat, cuaca buruk yang melanda wilayah itu mengakibatkan pembatalan dua sesi latihan.

Adapun dua sesi latihan di Sirkuit Nurburgring tidak dapat terlaksana. Helikopter medis yang disiagakan untuk penerbangan ke rumah sakit terdekat, juga dinyatakan tidak aman dalam kondisi cuaca buruk.

Baca juga: Peluang Besar Hamilton Jadi Juara Dunia

Sirkuit yang berlokasi di daerah pegunungan wilayah Eifel, Jerman, diketahui cukup jauh dari pusat medis terdekat. Melalui jalur darat, butuh waktu lebih dari 20 menit. Itu melampaui batas transfer yang ditetapkan FIA.

“Prakiraan cuaca terlihat lebih baik (untuk Sabtu). Namun, kami juga menyiapkan sejumlah rencana cadangan jika cuaca kembali memburuk,” tutur Race Director FIA Michael Masi.

Dengan terlewatnya dua sesi latihan, pembalap dan tim hanya memiliki  satu sesi latihan di FP3 jelang kualifikasi. Sirkuit Nurburgring terakhir kali menggelar Grand Prix F1 pada 2013.

Tim dan pembalap harus bekerja keras untuk menentukan setup mobil yang tepat. Waktu selama dua hari di Sirkuit Nurburgring juga bisa menjadi persiapan untuk balapan di Sirkuit Imola, Italia, pada bulan depan. Apalagi waktu yang ditetapkan relatif singkat.

Baca juga: Marquez Sebut Tim Repsol Honda Hilang Arah Tanpa Dirinya

“Anggap saja ini seperti latihan untuk kompetisi di Imola. Yang jelas situasi ini memberi tekanna kepada setiap orang untuk lebih cepat,” pungkas Bos Tim Racing Point Otmar Szarnauer.

Juara dunia enam kali, Lewis Hamilton, menghabiskan waktu dengan anjing buldog peliharaannya, sembari menunggu cuaca membaik. “Ini akan menjadi tantangan serius, dengan sesi latihan yang minim. Namun, saya tetap menantikan kompetisi ini,” kata Hamilton.(Ant/OL-11)