Harga Mahal Kemenangan Barca

 

KEMENANGAN Barcelona atas tim tamu Real Betis dengan skor telak 5-2, Sabtu (7/11), harus dibarengi dengan kabar cedera lutut penyerang muda Ansu Fati yang memaksanya harus menepi dua bulan.

Fati yang cedera setelah diganjal bek Betis Aissa Mandi, ditarik keluar lapangan pada babak pertama digantikan kapten tim Lionel Messi. "Hasil tes pada sore hari ini menunjukkan Ansu Fati mengalami robek otot meniskus di lutut kiri, perawatan cedera ini akan ditentukan dalam beberapa hari ke depan," tulis Barcelona dalam pernyataan resmi.

Ketidakhadiran Fati dalam sejumlah laga ke depan akan menjadi pukulan telak bagi Barcelona. Ini karena Fati tampil gemilang dalam beberapa pertandingan terakhir.

Fati telah mencetak enam gol pada musim ini, termasuk gol pertama untuk Spanyol pada September lalu yang menjadikan dirinya sebagai pencetak gol termuda di negaranya. Selain itu, ia juga menjadi pencetak gol termuda di El Clasico di Camp Nou, dua pekan silam.

Di laga menjamu Betis, kemenangan Barcelona diwarnai gol nonpenalti pertama Lionel Messi musim ini. Messi mencetak gol pertama melalui titik putih di menit ke-61. Baru di menit ke-82, sodoran bola dari Sergi Roberto diteruskan Messi untuk mencetak gol keduanya.

Tiga gol Blaugrana lainnya hasil aksi Ousmane Dembele (22'), Antoine Griezmann (49'), dan Pedri (90'). Betis mampu membalas dua gol yang dijaringkan Antonio Sanabria (45') dan Loren Moron pada menit ke-73.

Raihan tiga angka itu memuaskan juru taktik Ronald Koeman, kendati Blaugrana masih terdampar di posisi delapan dengan koleksi 11 poin hasil tujuh kali tampil. Barca tercecer enam poin dari penguasa klasemen Atletico Madrid yang melibas Cadiz 4-0.

Joao Felix menjadi bintang lapangan dengan sumbangan dua gol menit ke-8 dan 90, serta assist untuk membuat Luis Suarez mencatatkan nama di papan skor menit ke-51. Satu gol lagi hasil sumbangan Marcos Llorente menit ke-22.

 

Puncaki klasemen

Di Liga Jerman, Bayern Muenchen memenangi duel klasik dengan mengatasi tuan rumah Borussia Dortmund 3-2, kemarin dini hari. Kemenangan yang membuat Die Roten kembali memuncaki klasemen sementara.

Sempat kebobolan dulu akibat olah Marco Reus di menit ke-45, Muenchen menyamakan skor di saat injury time melalui David Alaba. Robert Lewandowski mencatatkan gol ke-11 musim ini di menit ke-48, kemudian dimantapkan aksi Leroy Sane di 10 menit jelang bubaran. Dortmund kemudian memangkas skor lewat Erling Braut Haaland di menit ke-83.

Di Inggris, Chelsea meramaikan persaingan di papan atas klasemen dengan menempati peringkat ketiga setelah menang 4-1 atas tim tamu Sheffield United, kemarin dini hari. Tiga pemain baru unjuk bukti dengan menyumbang satu gol, Ben Chilwell (34'), Thiago Silva (77'), dan Timo Werner (80'). Gol pembuka dilesakkan Tammy Abraham di menit ke-23, membalas gol tim tamu lewat aksi David McGoldrick saat laga baru berjalan 9 menit.

Di Italia, Lazio berbagi skor 1-1 dengan juara bertahan Juventus. Tim tamu sempat unggul melalui Cristiano Ronaldo di menit ke-15, tetapi Lazio membuyarkan kemenangan Juve dengan gol balasan Felipe Caicedo saat injury time babak kedua memasuki menit kelima. (AFP/SkySports/R-2)